Tak Ada Nadal dan Federer di AS Terbuka, Djokovic: Rasanya Aneh

Minggu, 23 Agustus 2020 13:23 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Peter Staples/ATP Tour via Getty Images
Novak Djokovic berlatih jelang Southern & Western Terbuka 2020 di Billie Jean King National Tennis Center. Copyright: © Peter Staples/ATP Tour via Getty Images
Novak Djokovic berlatih jelang Southern & Western Terbuka 2020 di Billie Jean King National Tennis Center.

INDOSPORT.COM – Petenis nomor satu dunia Novak Djokovic mengakui bahwa absennya Rafael Nadal dan Roger Federer membuat AS Terbuka 2020 menjadi aneh. Namun ia masih merasa lega karena sejumlah pemain top masih akan berpartisipasi.

Federer harus absen panjang usai menjalani operasi lutut sementara Nadal yang berstatus juara bertahan, memilih tak ikut bertanding karena masih khawatir dengan pandemi virus Corona.

Otomatis Djokovic pun menjadi petenis yang paling diunggulkan untuk juara. Ia hanya terpaut tiga gelar Grand Slam lagi dari Federer yang mengoleksi 20 gelar.

“Rasanya aneh tak ada Federer dan Nadal, atau setidaknya salah satu dari mereka. Pastinya mereka akan dirindukan karena mereka adalah legenda di olahraga ini,” tutur Djokovic, dikutip dari Tennis World USA.

“Tapi meski Federer, Nadal, dan (Stan) Wawrinka tidak datang ke turnamen, pemain-pemain top lainnya ada di sini. Jadi sepertinya tidak ada perbedaan apakah ini masih layak disebut Grand Slam atau tidak,” tambahnya.

Seperti Serena Williams, Djokovic menyewa sebuah rumah dekat venue pertandingan, alih-alih menginap di hotel yang disediakan panitia.

“Kami dikontrol sejak meninggalkan rumah sampai tiba di venue. Kami harus selalu saling kontak dengan perwakilan USTA (asosiasi tenis AS),” tambahnya.

AS Terbuka sendiri akan dimulai pada 31 Agustus mendatang. Namun sebelumnya akan berlangsung turnamen pemanasan untuk AS Terbuka, yakni Southern & Western Terbuka di lokasi yang sama d iNew York.