1 Rekor yang Bikin Novak Djokovic Lebih Baik dari Roger Federer

Sabtu, 29 Agustus 2020 19:11 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© James D. Morgan/Getty Images
Novak Djokovic mengalahkan Roger Federer di semifinal Australia Terbuka 2020. Copyright: © James D. Morgan/Getty Images
Novak Djokovic mengalahkan Roger Federer di semifinal Australia Terbuka 2020.

INDOSPORT.COM – Setiap turnamen yang diikuti petenis Big Three alias Roger Federer, Rafael Nadal, dan Novak Djokovic, menjadi ajang pencatatan rekor baru bagi masing-masing pemain. Namun sejak pandemi virus corona, Djokovic punya kesempatan lebih banyak untuk mengejar rekor kedua rivalnya itu.

Pasalnya Nadal masih belum mau ikut turnamen tenis dan Federer masih menjalani masa pemulihan usai operasi. Sementara Djokovic sudah mulai ikut turnamen Western & Southern Terbuka yang diadakan di Amerika Serikat.

Petenis Serbia itu pun mencatatkan sebuah rekor di mana ia melewati pencapaian Federer, yakni jumlah tiket semifinal turnamen ATP Masters 1000. Djokovic menorehkan tiket semifinalnya yang ke-68 saat mengalahkan Jan-Lennard Struff di perempatfinal Western & Southern Terbuka, Kamis (27/08/20) lalu.

Federer saat ini baru mengumpulkan 66 tiket semifinal. Sementara pencapaian Djokovic ini semakin mendekati pengumpul tiket semifinal terbanyak saat ini, yakni Nadal dengan 73 tiket partai semifinal.

Rekor ini amat mengesankan karena ketiga petenis itu masih mendominasi turnamen-turnamen Masters 1000, masih amat jauh dibandingkan dengan kompetitor lainnya seperti Andy Murray dengan 33 tiket semifinal.

Djokovic sendiri akan melakoni partai final Western & Southern Terbuka pada Minggu (30/08/20) melawan petenis Kanada, Milos Raonic.

Saat ini, Novak Djokovic sudah dipastikan menjadi satu-satunya di antara Big Three yang akan mengikuti turnamen Grand Slam AS Terbuka pada akhir Agustus nanti.

Untuk pertama kalinya sejak 1999, sebuah Grand Slam tidak akan dimeriahkan kehadiran Roger Federer dan Rafael Nadal. Selain kedua petenis itu, AS Terbuka juga tidak akan diikuti sederet pemain top seperti Gael Monfils, Fabio Fognini, dan Stan Wawrinka.

Daftar petenis dengan semifinal Masters 1000 ATP terbanyak, dikutip dari Tennis World USA

Rafael Nadal 73
Novak Djokovic 68
Roger Federer 66
Andy Murray 33
Andre Agassi 32
Pete Sampras 31
Andy Roddick 20
Tomas Berdych, Lleyton Hewitt 19
Michael Chang, Stefan Edberg, David Ferrer, dan Yevgeny Kafelnikov 18.