Petenis Muda Ciptakan Sejarah untuk Tuan Rumah AS Terbuka

Minggu, 6 September 2020 20:10 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Al Bello/Getty Images
Frances Tiafoe di AS Terbuka 2020. Copyright: © Al Bello/Getty Images
Frances Tiafoe di AS Terbuka 2020.

INDOSPORT.COM – Tuan rumah menyisakan satu pemainnya di sektor tunggal putra Amerika Serikat Terbuka (US Open) 2020, yakni Frances Tiafoe, setelah peraih wild card JJ Wolf disingkirkan Daniil Medvedev.

Tiafoe yang berusia 22 tahun, memulangkan petenis Hungaria Marton Fucsovics di babak ketiga dengan skor 6-2, 6-3, dan 6-2, Sabtu (05/09/20) waktu setempat. Hasil ini menjadikannya sebagai petenis termuda AS yang mencapai babak keempat turnamen Grand Slam ini sejak Donald Young pada 2011 lalu.

“Saya rasa kita punya banyak pemain muda yang hebat, masalahnya tinggal bagaimana menggabungkannya,” tutur Tiafoe, dikutip dari ESPN.

“Kita berada dalam era yang tidak adil, dengan adanya Roger Federer, Rafael Nadal, Novak Djokovic, dan tentu saja Andy Murray. Jadi saya bahagia bisa menjadi bagian era ini,” tuturnya sambil tertawa.

Belum ada petenis laki-laki AS yang bisa mencapai babak empat AS Terbuka sejak 2010. Terakhir kali adalah Mardy Fish, John Isner, Andy Roddick, Sam Querrey, Donald Young, dan Jack Sock. Mereka bahkan tak bisa melewati babak perempatfinal.

New York Post mencatat, belum ada lagi petenis pria yang menjuarai AS Terbuka di rumah sendiri sejak Andy Roddick pada 2003 lalu.

Frances Tiafoe yang merupakan putra imigran dari Sierra Leon ini akan menghadapi unggulan ketiga Daniil Medvedev pada Senin (07/09/20) besok. Dalam dua kali pertemuan sebelumnya, petenis ranking 82 dunia itu belum pernah menang dari Medvedev.