Breaking News! Korea Selatan Mundur dari Piala Thomas dan Uber 2020

Jumat, 11 September 2020 11:57 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Chris Hyde/Getty Images
Setelah tiga negara memutuskan mundur, maka kali ini giliran Korea Selatan yang memutuskan mundur dari Piala Thomas - Uber 2020. Copyright: © Chris Hyde/Getty Images
Setelah tiga negara memutuskan mundur, maka kali ini giliran Korea Selatan yang memutuskan mundur dari Piala Thomas - Uber 2020.

INDOSPORT.COM - Setelah tiga negara memutuskan mundur, maka kali ini giliran Korea Selatan yang memutuskan mundur dari Piala Thomas - Uber 2020 yang akan digelar di Aarhus, Denmark pada 3 - 11 Oktober mendatang.

Dilansir dari situs olahraga sportsseoul.com, Asosiasi Bulutangkis Korea (BKA) akhirnya mengambil keputusan resmi untuk mengundurkan diri dari kompetisi Piala Thomas - Uber 2020 setelah melakukan pertemuan dengan komite peningkatan kinerja dan kepresidenan.

Sebelumnya, media asal China, Aiyuke, mengabarkan kalau Korea Selatan memang sedang dalam tanda tanya besar untuk bisa ikut serta di Piala Thomas - Uber 2020 karena mereka mempertimbangkan masa karantina yang harus dilakukan setelah kembali dari perjalanan di luar negeri.

Maka dari itu, pada Kamis (10/09/20) lalu, BKA menggelar pertemuan untuk membahas perihal jadi atau tidaknya mereka untuk ikut serta di Piala Thomas - Uber 2020 dengan situasi pandemi Corona yang belum mereda serta pelatihan yang belum maksimal.

Meskipun awalnya sangat yakin untuk ambil bagian di Piala Thomas - Uber 2020, namun lewat pertemuan komite peningkatan kinerja dan kepresidenan BKA, Korea Selatan akhirnya resmi menarik diri dari kompetisi Piala Thomas - Uber 2020.

Dengan mundurnya Korea Selatan dari Piala Thomas - Uber 2020 secara otomatis ada empat negara yang saat ini telah memutuskan untuk tidak ambil bagian. Di mana Chinese Taipei, Australia dan Thailand telah mengumumkan lebih dulu ketidakikutsertaan mereka.

Tentunya menarik untuk ditunggu sampai batas tanggal 18 September nanti, apakah Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) akan tetap memutuskan untuk menggelar kompetisi Piala Thomas - Uber 2020 sekalipun ada banyak negara besar yang memutuskan untuk tidak ambil bagian.

Padahal, setelah Chinese Taipei, Thailand dan Australia memutuskan mundur, BWF belum lagi menemukan penggantinya. Baru Finlandia yang setuju untuk berpartisipasi di Piala Thomas 2020, sedangkan siapa yang menjadi pengganti dari ketiga negara di Piala Uber 2020 masih belum diumumkan.

Selain Korea Selatan, nasib tim bulutangkis Indonesia di Piala Thomas - Uber 2020  juga masih tanda tanya selepas Jakarta memutuskan kembali menerapkan PSBB pada 14 September mendatang. PBSI diketahui akan menggelar pertemuan hari ini untuk membahas perihal perizinan ke pemerintah setempat.

Piala Thomas - Uber terakhir kali dibatalkan pada tahun 1949 dan itu sudah lama sekali. Lantas, apakah di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini, hal yang terjadi 71 tahun yang lalu akan terulang kembali?