Ke Final Prancis Terbuka 2020, Iga Swiatek Catat Sejarah Baru

Jumat, 9 Oktober 2020 13:26 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Shaun Botterill/Getty Images
Iga Swiatek lolos ke final Prancis Terbuka 2020. Copyright: © Shaun Botterill/Getty Images
Iga Swiatek lolos ke final Prancis Terbuka 2020.

INDOSPORT.COM – Sektor putri Prancis Terbuka (Roland Garros) 2020 terus menciptakan kejutan. Partai final tunggal putri akan mempertandingkan Sofia Kenin melawan Iga Swiatek, Sabtu (10/10/20) besok malam.

Untuk ke babak final, Kenin mengalahkan Petra Kvitova, 6-4 dan 7-5. Sementara Swiatek memulangkan petenis Argentina, Nadia Podoroska dengan skor 6-2 dan 6-1.

Sofia Kenin adalah petenis asal Amerika Serikat yang tahun ini bikin gebrakan dengan memenangkan Australia Terbuka pada Januari 2020. Sementara sang calon lawan, Iga Swiatek, adalah petenis muda yang baru moncer di Prancis Terbuka ini.

Baru berusia 19 tahun, Swiatek menjadi perempuan termuda yang mencapai final Prancis Terbuka sejak 19 tahun terakhir. Ia juga menorehkan sejarah untuk negaranya, yakni menjadi wanita Polandia pertama yang mencapai final Roland Garros.

Berperingkat 54 dunia, Swiatek belum pernah memenangkan turnamen tenis di tour level apa pun. Ia juga belum pernah lolos babak keempat di turnamen besar sebelum ini.

“Saya akan menjadi underdog. Rasanya sulit dipercaya. Satu sisi saya tahu saya bisa bermain tenis dengan bagus, tapi di sisi lain, saya kaget (bisa ke final),” komentar Swiatek, dikutip dari ESPN.

Sama seperti Kenin, Swiatek tak kehilangan satu set pun dalam perjalanannya ke partai final. Pada Minggu (04/10/20) lalu, ia membuat kejutan dengan menyingkirkan unggulan pertama, Simona Halep.

Iga Swiatek juga berpeluang membuat rekor baru, yakni menjadi perempuan pertama sejak Mary Pierce tahun 2000 yang juara tunggal putri dan ganda putri di Prancis Terbuka.