Dari Bulutangkis, Debby Susanto Melihat Wujud Nyata Bhineka Tunggal Ika

Senin, 23 November 2020 21:59 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© instagram.com/debbysusanto
Debby Susanto Copyright: © instagram.com/debbysusanto
Debby Susanto

INDOSPORT.COM - Legenda bulutangkis Indonesia, Debby Susanto menceritakan tentang pengalaman berharga yang diperolehnya saat terjun ke dunia bulutangkis.

Hal itu diceritakan oleh Debby Susanto dalam postingannya di media sosial Instagram pada hari ini, Senin (23/11/20). Awalnya Debby mengaku merasa prihatin melihat berbagai postingan berisi ujaran kebencian.

"Aku jadi ingat pengalaman yang aku alami. Jadi aku pernah naek kendaraan online dan tiba-tiba supirnya langsung bilang ke aku , kamu cina ya jawab jujur!! Dengan lantang aku jawab saya Indonesia dan saya anak dari pulau Sumatera pak," tulis legenda bulutangkis Indonesia tersebut.

"Kadang aku bingung dengan orang orang yang mempermasalahkan dan mempertanyakan apa suku dan agama mu?? Karena dari olahraga ini sejak kecil kami tidak di ajarkan untuk mempertanyakan apa agamamu apa suku mu," sambungnya lagi.

Debby Susanto merasa bersyukur terjun di dunia bulutangkis. Karena selama berada di Pelatnas Cipayung, ia melihat wujud nyata dari Bhineka Tunggal Ika.

"Karena kami semua berkumpul jadi satu dari berbagai penjuru di seluruh indonesia, ada 6 agama yang di percaya oleh masing-masing dari kami tapi itu tidak menjadikan kendala dan tolak ukur justru memperbesar rasa toleransi di antara kita semua," tulis Debby.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by 💖 Debby 💖 (@debbysusanto)

"Ada rasa saling peduli, saling mengasihi, dan menjadi seperti saudara sendiri. Ingatlah Indonesia itu Bhineka Tunggal Ika, yang mana berbeda beda tapi tetap satu. Dan ingatlah setiap agama itu mengajarkan segala sesuatu yang baik, penuh kasih dan pemaaf," pungkasnya.

Debby Susanto berharap Bhineka Tunggal Ika tak hanya jadi semboyan saja tetapi diwujudnyatakan dalam kehidupan sehari-hari.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%