3 Fakta Kemenangan Daniil Medvedev di ATP Finals: Dapat Kado dari Bayern Munchen

Selasa, 24 November 2020 13:17 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Lintao Zhang/Getty Images
Daniil Medvedev juara Shanghai Masters 2019 usai mengalahkan Alexander Zverev. Copyright: © Lintao Zhang/Getty Images
Daniil Medvedev juara Shanghai Masters 2019 usai mengalahkan Alexander Zverev.

INDOSPORT.COM - Daniil Medvedev keluar sebagai juara turnamen tenis pamungkas musim ini, ATP Finals 2020 pada Senin (23/11/20) kemarin. Petenis berusia 24 tahun itu mengalahkan Dominic Thiem, 4-6, 7(7)-6(2), dan 6-4 dalam laga yang berlangsung di The O2 Arena, London, Inggris.

Sebelum melangkah ke ATP Finals, Medvedev telah mengoleksi delapan gelar ATP Tour, termasuk tiga ATP Masters 1000. Mengalahkan Thiem di partai pamungkas turnamen bergengsi ini diakuinya sebagai kemenangan yang paling sulit tetapi paling membanggakan.

"Ini adalah kemenangan terberat dalam hidup saya karena Dominic adalah pemain yang sulit dilawan. Membuat Dominic kelelahan di pertandingan tiga set, alih-alih lima set, menurut saya adalah pencapaian bagus," tuturnya dalam laman resmi ATP.

Kemenangan Medvedev itu juga ternyata menyimpan sederet fakta menarik, seperti yang telah INDOSPORT rangkum berikut.

Pembunuh Raksasa

Dalam sejarah ATP Finals, Daniil Medvedev menjadi pemain pertama yang mengalahkan tiga besar di ranking dunia dalam perjalanannya di tangga juara. Ia mengalahkan Novak Djokovic (ranking 1) di fase grup, Rafael Nadal (ranking 2) di semifinal, dan Dominic Thiem (ranking 3) di partai final.

Petenis Rusia Berjaya di London

Mengutip Republic World, Danill Medvedev menciptakan rekor unik. Kemenangannya membuat juara ATP Finals pertama dan terakhir yang digelar di London sama-sama direngkuh petenis Rusia.

Di edisi 2009 lalu, Nikolay Davydenko menjadi juara dan disusul Medvdev di edisi 2020. Lima tahun ke depan, ATP Finals bakal diselenggarakan di Italia.

Kemenangan Medvedev juga membuatnya menjadi pemenang keenam berbeda selama enam tahun belakangan. Ini menandakan dominasi Big 3 (Djokovic, Nadal, dan Roger Federer) mulai mendapatkan saingan.

Kado Spesial dari Bayern Munchen

Setelah menjuarai ATP Finals untuk pertama kalinya, Medvedev mendapat hadiah spesial dari klub raksasa Bundesliga Jerman, Bayern Munchen. Die Roten membuatkan jersey home khusus dengan bertuliskan namanya.

Medvedev pun merespons unggahan Bayern di Twitter itu. "Ini keren banget!" cuitnya. Petenis Jerman, Sabine Lisicki, langsung menimpali respons Medvedev dengan undangan nonton pertandingan Bayern Munchen.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%