Wejangan Taufik Hidayat untuk 2 Tunggal Putra Indonesia Disorot Media Asing

Senin, 30 November 2020 16:57 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor:
© Bay Ismoyo/AFP via Getty Images
Media asing asal China, Aiyuke, menyoroti wejangan Taufik Hidayat untuk dua tunggal putra Indonesia yakni Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Copyright: © Bay Ismoyo/AFP via Getty Images
Media asing asal China, Aiyuke, menyoroti wejangan Taufik Hidayat untuk dua tunggal putra Indonesia yakni Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

INDOSPORT.COM - Media asing asal China, Aiyuke, menyoroti wejangan Taufik Hidayat untuk dua tunggal putra kebanggaan Indonesia yakni Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Baik Jonatan Christie dan Anthony Ginting memang merupakan dua tunggal putra yang sangat diandalkan bulutangkis Indonesia saat ini.

Merujuk pada laman resmi BWF, kedua tunggal putra Indonesia saat ini menempati rangking empat dan tujuh dalam rangking kualifikasi Olimpiade Tokyo.

Meski begitu, baik Jonatan Christie dan Anthony Ginting cenderung menampilkan permainan yang inkonsisten. Setidaknya menurut Taufik Hidayat, kedua pemain perlu meningkatkan performa dengan memperbanyak latihan dan itu disorot media China.

“Mereka (Jonatan dan Ginting) merupakan pemain bagus dan keduanya berbeda. Anthony Ginting semakin lengkap sebagai pemain. Beberapa orang mungkin mengatakan keahliannya lebih unggul dari Jonatan. Tapi Jonatan juga sangat bagus,” kata Taufik Hidayat kepada Olympic Channel disorot media China.

“Kami perlu melihat apakah penampilan mereka stabil atau tidak. Jika Anda melihat kinerja turnamen mereka sebagai grafik, itu naik turun,” lanjutnya.

Taufik Hidayat kemudian memberi contoh pemain tunggal yang saat ini sudah mencatatkan konsistensi dalam permainannya. Dia adalah Kento Momota, pemain asal Jepang yang saat ini menempati urutan pertama di rangking dunia BWF.

"Lihatlah Kento Momota (pemain peringkat satu dunia) yang selalu stabil. Semifinal, final, champion, paling buruk ya quaterfinal," tambahnya.

Taufik Hidayat tidak menutup kemungkinan bahwa Jonatan Christie dan  Anthony Ginting memiliki kans menjuarai setiap turnamen seperti halnya Momota, dan media China pun juga sempat menyebut demikian.

Namun peraih medali emas Olimpiade Athena 2004 ini menekankan pentingnya latihan keras, dengan menguatkan mental Jonatan Christie dan Anthony Ginting.

“Mereka harus kuat secara mental karena tekanan dari negara dan masyarakat sangat besar. Jika mereka tidak kuat secara mental, mereka akan dihancurkan. Tetapi jika mereka kuat mereka bisa menangkis tekanan,” ujar Taufik.

“Mungkin orang akan berkata 'kamu harus menjadi juara'. Jika seorang atlet tidak kuat secara mental, itu hanya akan membuatnya bermain dengan buruk. Kita harus menikmati bermain di lapangan," tukasnya.

Sebelum pensiun, Taufik Hidayat dulunya juga merupakan salah satu tunggal putra andalan Indonesia seperti Anthony Ginting dan Jonatan Christie.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%