Termasuk Tontowi Ahmad, 8 Pebulutangkis Dunia yang Pensiun di 2020

Selasa, 29 Desember 2020 20:02 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Robertus Pudyanto/Getty Images
Tontowi Ahmad di Indonesia Open 2019. Copyright: © Robertus Pudyanto/Getty Images
Tontowi Ahmad di Indonesia Open 2019.

INDOSPORT.COM – Terdapat setidaknya delapan atlet bulutangkis yang memutuskan untuk gantung raket pada 2020. Sebagian besar mengaku terdesak dengan keadaan musim 2020 yang tidak jelas karena pandemi virus corona.

Menimbang dari sisi usia juga, mereka merasa sudah tidak mampu bersaing di Olimpiade Tokyo yang terpaksa diundur ke 2021. Berikut ini INDOSPORT rangkum delapan atlet bulutangkis yang mengumumkan gantung raket di tahun ini.

Mathias Boe

Mathias Boe menjadi pebulutangkis pertama yang resmi pensiun di 2020 ini. Pemain asal Denmark tersebut mengumumkan gantung raket pada Kamis (23/04/20) lalu, meski sempat menyatakan keinginan mengakhiri karier usai Olimpiade atau Piala Thomas 2020.

Namun rupanya kelelahan mental membuat Mathias Boe akhirnya memilih untuk segera mengakhiri kariernya sebagai pemain bulutangkis di usianya yang telah menginjak angka 39 tahun.

Tontowi Ahmad

Kabar mengejutkan datang dari pebulutangkis Indonesia, Tontowi Ahmad, yang memutuskan pensiun pada Mei tahun ini. Sebelumnya memang sudah ada kabar eks partner Liliyana Natsir itu akan gantung raket, sebagaimana diembuskan sang pelatih, Richard Mainaky.

"Saya juga mau berterimakasih untuk semua yang sudah mendukung karier saya di bulutangkis selama ini yang tidak bisa saya sebut satu per satu. Dan sekarang waktunya saya melanjutkan hidup untuk meraih kesuksesan di bidang lain," tulisnya melalui Instagram.

Mads Conrad-Petersen

Masih di bulan Mei, Mads Conrad-Petersen juga mengumumkan pensiun dari Timnas Bulutangkis Denmark. Saat itu ia mengabarkan akan banting setir sebagai agen properti.

Namun setelah enam bulan pensiun, Conrad-Petersen memutuskan untuk berhenti dari dunia real estate, sebagaimana ia tulis di Instagram. Ia lalu menyebut masih akan terus berlatih bulutangkis dan akan bertanding pada Februari mendatang.

Semasa masih aktif, Conrad-Petersen pernah berduet dengan Mads Pieler Kolding, Mathias Boe, Jonas Rasmussen, dan Anne Skelbaek.

Cathy Chau Hoi Wah

Setelah berkarier di dunia tepok bulu selama 15 tahun, Cathy Chau Hoi Wah memutuskan untuk berhenti. Pebulutangkis yang mengidolakan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir ini sebelumnya merasa kariernya ‘selesai’ usai mengalami cedera di Japan Open 2017 lalu.

Di sepanjang kariernya sebagai pebulutangkis, Chau Hoi Wah telah memenangkan sejumlah gelar seperti Australia Open, Canada Open, US Open hingga New Zealand Open.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%