Tersingkir dari Australian Open, Ash Barty 'Diganggu' Ulah Kontroversial Lawannya

Rabu, 17 Februari 2021 16:49 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Daniel Pockett/Getty Images
Unggulan pertama Ash Barty tumbang di semifinal Australia Terbuka 2020 dari Sofia Kenin, Kamis (30/01/20). Copyright: © Daniel Pockett/Getty Images
Unggulan pertama Ash Barty tumbang di semifinal Australia Terbuka 2020 dari Sofia Kenin, Kamis (30/01/20).

INDOSPORT.COM – Kekalahan petenis unggulan pertama, Ashleigh Barty, pada babak perempat final Australian Open 2021 diwarnai dengan aksi kontroversial yang dilakukan lawannya, Karolina Muchova.

Ash Barty tersingkir dari Australian Open 2021 saat menghadapi unggulan ke-25 asal Republik Ceko, Karolina Muchova, dalam permainan tiga gim 6-1, 3-6, 2-6 di perempat final, Rabu (17/02/21).

Kekalahan Ash Barty itu sendiri sempat diwarnai dengan kontroversi ketika Muchova meminta waktu timeout untuk penanganan medis setelah mengeluh lehernya sakit.

Timeout itu sendiri berlangsung selama 10 menit, di mana banyak pihak menilai terlalu lama dan menudingnya sebagai penyebab kekalahan pemain tuan rumah dari Muchova.

Tak bisa dipungkiri, Ash Barty sebelum Muchova meminta timout medis berhasil menghancurkan lawannya 6-1 dalam waktu 24 menit di set pertama.

Namun, barty yang sudah frustasi karena penundaan laga terlalu lama, kehilangan ritme permainan Muchova yang bermain seolah-olah tidak mengalami cedera. Kesalahan demi kesalahan dilakukan barty membuat dia kalah di set kedua dan ketiga, 3-6 2-6.

Kekalahann dari Muchova ini memupuskan harapan barty untuk menjadi orang Australia pertama yang memenangkan Grand Slam di kandang sendiri dalam kurun 43 tahun.

Namun, Barty, dengan kebesaran hatinya enggan mengkambinghitamkan timeout kontroversial Muchova sebagai biang kekalahannya di perempat final tersebut.

Petenis berusia 24 tahun itu dengan tegas mengatakan bahwa Muchova berhak menggunakan timout sebaik-baiknya karena itu sudah sesuai aturan turnamen.

“Itu sesuai aturan. Dia berhak menggunakan timeout itu. Jika dia tidak sesuai aturan, fisioterapos dan dokter akan mengatakannya,” ujar Ash Barty dilansir dari Fox Sports.

“Itulah aturan permainan kami, kami memiliki timeout medis untuk kondisi-kondisi yang diperlukan. Jelas dia membutuhkan itu hari ini. Maka dia berhak mengambilnya,” lanjutnya.