Kalah di Swiss Open, Kans Hafiz/Gloria ke Olimpiade Tokyo Terancam Kandas

Rabu, 3 Maret 2021 09:56 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Shi Tang/Getty Images
Ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

INDOSPORT.COM – Harapan ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, ke Olimpiade Tokyo terancam kandas menyusul kekalahannya di Swiss  Open 2021.

Hafiz/Gloria yang digadang-gadang bisa juarai Swiss Open 2021 harus tersingkir lebih awal usai tampil di babak 32 besar Swiss Open 2021 yang digelar Selasa (02/03/21) kemarin.

Bertemu wakil India, Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnappa, nasib mereka tak terlalu bagus karena kalah cukup mengenaskan. Mereka kalah secara straight game dengan skor 18-21 10-21.

Awalnya Hafiz/Gloria mampu bersaing sengit kendati tertinggal satu poin saat interval pertama, akan tetapi mereka tetap kalah 18-21. Ingin balas di game kedua, sepak terjang mereka malah anjlok dan menyerahkan kemenangan ke lawan dengan skor 10-21.

Kekalahan ini  tidak hanya membuat mereka tersingkir lebih awal dari turnamen namun juga mengancam posisi mereka di kualifikasi Race To Tokyo untuk Olimpide Tokyo pada bulan Juli mendatang.

Menurut perhitungan Badminton Talk melalui akun Twitternya, Hafiz/Gloria dipastikan tidak mendapatkan tambahan poin race to Tokyo dari Swiss Open 2021 karena langkahnya terhenti.

Hafiz/Gloria saat ini menempati rangking ke-8, namun posisinya tersebut rentan tergusur oleh pasangan asal Inggris, Marcus Ellis/Laurent Smith, yang menempati peringkat ke-10.

Ellis/Smith bisa merangsek ke peringkat delapan besar bila mereka bisa menjuarai Swiss Open 2021.  Pasangan nomor 12 dunia itu baru akan memulai Swiss Open hari ini, Rabu (03/03/21) dengan menghadapi wakil Denmark, Amalie Magelund/Freja Ravn.

Apabila Ellis/Smith bisa meraih hasil bagus di sepanjang Swiss Open 2021, Hafiz/Gloria otomatis akan terpental dari 8 besar.  Itu artinya sangat tidak mungkin bagi mereka untuk tampil di pesta olahraga empat tahunan di Tokyo nanti.

Sebab, Indonesia masih memiliki ganda campuran lainnya yang memiliki peringkat lebih baik dari Hafiz/Gloria. Mereka adalah Praveen Jordan/Melati Daeva yang menempati urutan keempat di Race to Tokyo.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%