Juara Malaysia Open Keturunan China yang Jadi WNI

Minggu, 25 April 2021 06:10 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© sejahterabadminton.wordpress
Huang Hua, juara Malaysia Open yang sudah menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI) dan merupakan pebulutangkis keturunan China. Copyright: © sejahterabadminton.wordpress
Huang Hua, juara Malaysia Open yang sudah menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI) dan merupakan pebulutangkis keturunan China.

INDOSPORT.COM - Huang Hua, juara Malaysia Open yang sudah menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI) dan merupakan pebulutangkis keturunan China.

Huang Hua berhasil menjuarai Malaysia Open sebanyak dua kali pada 1990 dan 1992. Gelar pertama diraih pebulutangkis keturunan China usai mengalahkan Lee Jung-mi dengan skor 11-3, 7-11, 11-1.

Gelar kedua diperoleh usai mengalahkan wakil Indonesia, Yuni Kartika dengan skor 11-3, 7-11, 11-7. Kini, jawara Malaysia Open dua kali itu sudah resmi menyandang status sebagai WNI, setelah menikah dengan seorang pria asal Klaten bernama Tjandra Budi.

Huang Hua pun diketahui bertemu dengan pria Indonesia yang merupakan kerabat dekat dari pelatihnya saat itu yang Tjandra Budi. Berdua mereka sempat menghabiskan kebersamaan dengan mengunjungi Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah.

Hubungan pebulutangkis keturunan China dengan Tjandra Budi pun berlanjut. Bahkan ketika keduanya sama-sama menempuh pendidikan di Amerika Serikat.

Pada 1993, Huang Hua dan Tjandra Budi memutuskan untuk menikah. Sempat tinggal di Amerika setelah menikah, keputusan-keputusan penting kemudian diambil jawara Malaysia Open saat itu.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
14%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
29%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
29%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
14%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
14%