Tak Punya Biaya, Wakil Malaysia Batal Ikut Spain Masters 2021

Minggu, 2 Mei 2021 04:01 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Coro Mountana
© Robertus Pudyanto/Getty Images
Pebulutangkis independen Malaysia, Soong Joo Ven, terpaksa batal mengikuti kompetisi Spain Masters 2021 akibat pembengkakan biaya. Copyright: © Robertus Pudyanto/Getty Images
Pebulutangkis independen Malaysia, Soong Joo Ven, terpaksa batal mengikuti kompetisi Spain Masters 2021 akibat pembengkakan biaya.

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis independen Malaysia, Soong Joo Ven, terpaksa batal mengikuti kompetisi Spain Masters 2021 akibat pembengkakan biaya.

Pandemi Covid-19 rupanya sangat berdampak pada pebulutangkis independen seperti Soong Joo Ven, yang harus mengcover seluruh biaya kompetisi sendirian dengan nilai yang tidak sedikit.

Soong Joo Ven yang didegradasi BAM pada Januari 2020 akhirnya tak punya pilihan untuk mundur dari Spain Masters 2021, setelah diharuskan membayar karantina hotel selama 14 hari saat di Spanyol.

"Ini benar-benar perjuangan bagi kami para pemain profesional. Kami tidak mampu bermain di turnamen sekarang. Baru bulan lalu saya menghabiskan RM20.000 (setara Rp70,6 juta) untuk bermain di dua turnamen Eropa (Swiss Ope dan Orleans Masters)," kata Soong Joo Ven dikutip dari media New Strait Times.

"Kemudian saya akan dikenakan biaya RM15.000 (Rp52,9 juta) untuk berkompetisi di Spanyol, Itu terlalu mahal," ujarnya menambahkan.

Soong Joo Ven pun curhat bagaimana sulit menyandang predikat pebulutangkis independen Malaysia pada masa-masa sulit pandemi Covid-19. Semua pilihan seakan terlalu berat untuk dipilih.

"Pemain seperti saya tidak menghasilkan banyak uang dan sponsor kami tidak menanggung biaya penuh. Namun, kami tidak punya pilihan karena kami masih perlu mempertahankan peringkat dunia kami. Saya tidak bisa bermain bulu tangkis selamanya, ini karir yang pendek, jadi saya benar-benar harus bekerja keras," tuturnya.