Satu Grup dengan Ahsan/Hendra, Media Malaysia Sebut Wakilnya Ketar-ketir

Sabtu, 10 Juli 2021 14:59 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Juni Adi
© Shi Tang/Getty Images
Aaron Chia dan Soh Wooi Yik Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Aaron Chia dan Soh Wooi Yik

INDOSPORT.COM – Ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, diklaim oleh media negaranya bakal keteteran di Olimpiade Tokyo karena satu grup dengan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Aaron Chia/Soh Wooi Yik diketahui berada di Grup D bersama juara dunia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dari Indonesia, Choi Sol-gyu/Seo Seung-jae dari Korea Selatan dan Joshua Anthony Ho-Shue/Nyl Yakura dari Kanada.

Olimpiade Tokyo 2021 sendiri akan menjadi debut ganda putra ranking sembilan dunia ini  dalam turnamen multievent terbesar di dunia itu.

Sesuai dengan ketentuan drawing cabang olahraga bulutangkis Olimpiade Tokyo, hanya ada dua pasangan teratas dari masing-masing grup yang berhak lolos ke sistem gugur.

Media Malaysia, The Star, melihat bahwa hasil drawing Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang diandalkan meraih medali dari nomor ganda putra tersebut tidak terlalu baik.

Pasalnya, menurut The Star hanya Ahsan/Hendra yang paling diungulkan untuk menjadi juara di grup D yang juga dihuni oleh wakil dari negaranya itu.

Aaron/Soh jelas akan berhadapan dengan ganda putra nomor 2 dunia tersebut di fase penyisihan grup. Namun, The Star tak begitu berharap Chia/Wooi Yik bisa mengalahkan pasangan legendaris tersebut.

Chia/Soh bukanlah pemain unggulan di Olimpiade karena sejauh ini memang belum mampu meraih gelar mayor. Parahnya, ganda putra terbaik Malaysia ini selalu kalah dari enam pasangan ranking atas.

Menariknya, Chia/Soh pernah mengalahkan Ahsan/Hendra di ajang Fuzhou China Open 2019 lalu. Namun, kemenangan ini belum bisa mempersempit rekor pertemuan mereka dari pasangan berjuluk The Daddies ini, dengan skor kini 1-6.

Meski begitu, The Star berharap bahwa Chia/Soh tidak putus semangat melakoni dua pertandingan fase grup Olimpiade Tokyo lainnya melawan wakil Korea dan Kanada.

Media ternama itu menekankan bahwa Chia/Soh harus mengalahkan Sol-gyu/Seung-jae dan Ho-Shue/Yakura dari Kanada untuk lolos ke babak sistem gugur sebagai salah satu dari dua pasangan teratas di grup.