Terungkap, Alasan Roger Federer Umumkan Mundur dari Olimpiade Tokyo

Rabu, 14 Juli 2021 13:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Fred Lee/Getty Images
Roger Federer di laga tenis Australia Terbuka 2020. Copyright: © Fred Lee/Getty Images
Roger Federer di laga tenis Australia Terbuka 2020.

INDOSPORT.COM – Petenis veteran asal Swiss, Roger Federer, mengumumkan kabar kurang enak. Pemenang grand slam 20 kali ini memutuskan tidak akan tampil di Olimpiade Tokyo 2020 karena alasan berikut ini. 

Roger Federer mengumumkan dirinya tak bisa mewakili Swiss untuk bertanding di Olimpiade Tokyo 2020 lewat unggahan di akun Instagram pada hari Rabu (14/07/21).

Petenis berusia 39 tahun itu mengatakan bahwa dirinya mengalami masalah pada lututnya seiring dengan penampilannya di lapangan rumput Wimbledon baru-baru ini.

“Selama musim lapangan rumput, sayangnya saya mengalami kemunduran dengan lutut saya, dan terpaksa saya harus mundur dari Olimpiade Tokyo,” tulis Federer.

Tak bisa mewakili negaranya di pesta olahraga empat tahunan ini membuat Federer sangat kecewa. Namun dirinya akan segera melakukan rehabilitasi agar bisa kembali secara fit.

“Saya sangat kecewa, karena merupakan suatu kehormatan dan puncak karir saya setiap kali saya mewakili Swiss. Saya sudah memulai rehabilitasi dengan harapan bisa kembali ke tur akhir musim panas ini,” lanjutnya.

Federer pun diharapkan bisa kembali turun ke lapangan tenis pada kompetisi akhir musim panas ini. Sebagai catatan, Grand Slam AS Terbuka akan dimulai 31 Agustus mendatang.

Belum diketahui dengan pasti bagian lutut mana yang mengalami cedera. Namun, tahun lalu Federer sempat naik meja operasi untuk memperbaiki lutut kanannya dan memaksanya absen selama setahun. 

Sebelum memutuskan absen di Olimpiade Tokyo, Federer telah menelan hasil mengecewakan saat dirinya berupaya menambah gelar grand slam dalam kariernya di Wimbledon.

Diketahi, Federer kalah telak dari petenis berperingkat 17 dunia, Hubert Hurkacz, di babak perempat final Wimbledon pekan lalu.

Juara tunggal delapan kali itu ditundukkan dalam staright set langsung untuk pertama kalinya dalam 19 tahun oleh Hubert Hurkacz dengan skor 6-3, 7-6, 6-0.