Termasuk Wimbledon 2021, Ini 4 Kekalahan Grand Slam Terparah Federer

Kamis, 8 Juli 2021 19:47 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Tess Derry/PA Images via Getty Images
Roger Federer kandas di turnamen tenis Grand Slam Wimbledon 2021. Copyright: © Tess Derry/PA Images via Getty Images
Roger Federer kandas di turnamen tenis Grand Slam Wimbledon 2021.

INDOSPORT.COM - Kalah dari Hubert Hurkacz di Wimbledon 2021, Roger Federer harus mengalami salah satu kekalahan terburuk dalam kariernya saat berlaga di turnamen Grand Slam.

Petenis asal Swiss ini takluk dengan tiga set, 3-6, 6(4)-7, 0-6 di pertandingan perempat final yang digelar pada hari Rabu (07/07/21) waktu setempat.

Kekalahan ini tentu cukup mengagetkan jagat dunia tenis mengingat Federer adalah salah satu unggulan di Wimbledon tahun ini.

Sampai-sampai Hubert Hurkacz yang masih balita saat Federer pertama debut di Wimbledon tersebut mengaku tak percaya dengan apa yang baru saja diraihnya. Ia bahkan menganggapnya sebagai mimpi yang jadi kenyataan.

Di sisi lain, Federer mengaku sudah mengikhlaskan kekalahannya, terlepas apakah gelaran tahun akan jadi Wimbledon terakhir dalam kariernya.

Pasalnya, segera menginjak usia 40 tahun, ayah empat anak itu sudah sangat sering dikaitkan dengan rumor akan pensiun.

“Saya sudah senang bisa melaju sejauh ini di sini. Saya pun bermain di Wimbledon pada level saya yang biasanya, bahkan setelah semua yang saya lalui,” ujar Roger Federer seperti dikutip dari laman resmi ATP.

Untuk diketahui kembali, Federer memang telah melewati banyak hal untuk bisa sampai ke Wimbledon 2021.

Cedera sempat membekapnya selama 15 bulan sebelum comeback pertamanya pada Maret lalu. Tercatat selama periode yang tidak sebentar tersebut, Federer telah menjalani dua kali operasi lutut kanan.

Sebelum berlaga di turnamen Grand Slam Prancis Terbuka dan Wimbledon tahun ini, ia pun sempat menjadikan sejumlah ajang sebagai pemanasan, termasuk Gonet Geneva Open 2021, di mana ia ditekuk petenis Spanyol, Pablo Andujar.

Di Prancis Terbuka pun, langkah Federer harus terhenti di putaran keempat usai dipaksa WO melawan Matteo Berrettini karena lututnya bermasalah. Kemudian di Wimbledon, ia lagi-lagi meraih hasil kurang maksimal.

Bahkan, kekalahan dari Hubert Hurkacz adalah salah satu yang terburuk selama ia berlaga di ajang Grand Slam.

Bagaimana tidak? Federer takluk dan babak belur di set terakhir. Sebelumnya, ia belum pernah sama sekali dibabat habis dalam satu set di Wimbledon.