Wakili Irlandia di Olimpiade, Pebulutangkis Kelahiran Vietnam 'Curi Ilmu' dari Malaysia

Minggu, 18 Juli 2021 19:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Badminton Photo
Nhat Nguyen, pebulutangkis asal Vietnam yang mewakili Irlandia di Olimpiade Tokyo 2020 Copyright: © Badminton Photo
Nhat Nguyen, pebulutangkis asal Vietnam yang mewakili Irlandia di Olimpiade Tokyo 2020

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis kelahiran Vietnam, Nhat Nguyen, akan mewakili Irlandia di Olimpiade Tokyo. Selama persiapan, dirinya mendapatkan ilmu bermain dari pemain asal Malaysia.

Pebulutangkis tunggal putra Nhat Nguyen yang saat ini menempati peringkat 56 dunia dipastikan menjadi salah satu atlet Irlandia yang lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Lahir dan dibesarkan di Vietnam, orang tuanya membawa dia yang saat itu masih berusia enam tahun dan kakak perempuannya hijra ke Dublin, Irlandia untuk kehidupan baru. 

Keberhasilannya memenangkan gelar gelar tunggal putra di ajang Welsh International, dan runner up di Irish Open membuka kesempatan dirinya mewakili Irlandia untuk tampil di Olimpiade Tokyo tahun ini.

Di Olimpiade Tokyo 2020, Nhat Nguyen berada di grup F bersama dengan unggulan ke-10 asal Chinese Taipei, Wang Tzu Wei dan Niluka Karunaratne dari Srilanka.

Di lansir dari Badminton Europe, Nhat Nguyen berkat menampilkan performa berkelasnya di Olimpiade Tokyo nanti. Demi mewujudkannya, dirinya pun berlatih ekstra keras selama beberapa bulan terakhir.

Pebulutangkis peringkat 54 dunia ini bahkan mengajak pemain asal Malaysia, Iskandar Zulkarnain, yang diketahui tinggal di Irlandia selama tiga pekan. Zulkarnain bertindak sebagai pemain sparring.

“Iskandar telah berada di Irlandia selama dua atau tiga minggu sekarang  untuk membantu saya mempersiapkan diri untuk Olimpiade,” ungkap pebulutangkis berusia 21 tahun ini.

“Saya memiliki sparring yang sangat bagus di lingkungan rumah saya yang merupakan sesuatu yang belum pernah saya alami sebelumnya, jadi saya sangat senang dengan Badminton Ireland dan Sport Ireland yang telah membantu saya mendanai ini,” jelas Nhat Nguyen.

“Itu adalah rencana yang bagus untuk memiliki kamp pelatihan kecil saya sendiri di rumah daripada pergi. Itu adalah pertandingan yang menyenangkan dengan Iskandar dan saya menikmatinya.”

Iskandar Zulkarnain sendiri saat ini berstatus pemain independen sejak dirinya meninggalkan Asosiasi Bulutangkis Malaysia pada 2018 lalu. Teranyar, pemain ini tampil di Polish Open 2021 dan mencapai perempat final.