Bukan Hendra Setiawan, Inilah Pebulutangkis Tertua di Olimpiade Tokyo 2020

Selasa, 20 Juli 2021 18:26 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Visual China Group via Getty Images/Visual China Group via Getty Images
Pemain bulutangkis Vietnam, Nguyen Tien Minh mencatatkan rekor pribadi jelang Olimpiade Tokyo 2020 ini. Copyright: © Visual China Group via Getty Images/Visual China Group via Getty Images
Pemain bulutangkis Vietnam, Nguyen Tien Minh mencatatkan rekor pribadi jelang Olimpiade Tokyo 2020 ini.

INDOSPORT.COM - Nguyen Tien Minh mencatatkan rekor pribadi jelang Olimpiade Tokyo 2020 ini. Atlet asal Vietnam ini jadi pebulutangkis tertua di ajang olahraga terbesar di dunia tersebut. 

Saat ini, Tien Minh sudah berusia 38 tahun. Ia dua tahun lebih tua dari ganda putra andalan Indonesia, Hendra Setiawan (36) dan tunggal putra asal Sri Lanka, Niluka Karunaratne (36). 

Sementara itu, Olimpiade Tokyo 2020 ini merupakan kali keempat Tien Minh ikut serta di Olimpiade, yakni pada Olimpiade 2008, 2012, 2016, dan 2020. 

Pada Olimpiade Beijing 2008, Tien Minh kalah dari Hsieh Yu-hsing (Taiwan). Di London 2012, Tien Minh gugur saat berhadapan dengan Parupalli Kashyap (India). Di Rio 2016, ia takluk di hadapan legenda China, Lin Dan. 

Lalu di Olimpiade Tokyo 2020 ini, Tien Minh kembali mencoba peruntungannya. Di sini, ia tergabung di Grup L bersama dengan Anders Antonsen (Denmark/3) dan Ade Resky Dwicahyo (Azerbaijan).

Tien Minh berharap jika Olimpiade keempatnya ini bisa jadi pembuktian dirinya bahwa usia hanyalah sebatas angka. Ia masih mampu tampil kompetitif dengan atlet-atlet muda berbakat lainnya. 

"Saya benar-benar merasa terhormat untuk mewakili Vietnam di Olimpiade keempat saya. Saya tentu mengincar podium," kata Tien Minh kepada VnExpress

"Saya dalam kondisi yang baik dan berharap saya akan melakoni Olimpiade paling sukses dalam karier saya dan meninggalkan sesuatu untuk diingat oleh para penggemar."