In-depth

Greysia Polii: 3 Partner dan 3 Kisah Berbeda di 3 Olimpiade

Minggu, 1 Agustus 2021 10:07 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© NOC Indonesia
Lolos ke final Olimpiade Tokyo 2020 bersama Apriyani Rahayu, Greysia Polii tercatat punya 3 kisah berbeda bersama 3 partner berbeda, dalam 3 edisi Olimpiade. Copyright: © NOC Indonesia
Lolos ke final Olimpiade Tokyo 2020 bersama Apriyani Rahayu, Greysia Polii tercatat punya 3 kisah berbeda bersama 3 partner berbeda, dalam 3 edisi Olimpiade.

INDOSPORT.COM – Lolos ke final Olimpiade Tokyo 2020 bersama Apriyani Rahayu, Greysia Polii tercatat punya 3 kisah berbeda bersama 3 partner berbeda, dalam 3 edisi Olimpiade.

Sejarah baru dicetak tim bulutangkis Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, setelah ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu sukses menembus babak final. Hasil ini menjadikan mereka ganda putri Indonesia pertama yang lolos ke final Olimpiade.

Torehan ini sekaligus menjadikan mereka sebagai ganda putri Indonesia pertama yang bakal meraih medali di Olimpiade, apa pun hasil di final yang digelar Senin (02/08/21) siang.

Sebelumnya, prestasi terbaik ganda putri Indonesia di Olimpiade sejak bulutangkis pertama kali dipertandingkan pada Olimpiade 1992 di Barcelona hanyalah menembus perempat final, yang berhasil dilakukan 4 pasangan.

Menariknya, Greysia Polii juga bagian dari 4 pasangan itu. Ia meraihnya bersama Nitya Krishinda pada 2016. Tiga pasangan lainnya adalah Lili Tampi/Finarsih (1992), Eliza Nathanael/Zelin Resiana (1996), dan Etty Tantri/Cynthia Tuwankotta (2000).

Greysia Polii/Apriyani Rahayu sendiri memang menunjukkan performa memukau di Tokyo. Pasangan ini mengawali perjalanan dengan menyapu bersih 3 laga di fase grup dengan kemenangan.

Di perempat final, mereka harus jatuh bangun melawan ganda putri China, Du Yue/Li Yi Hui. Sempat menang 21-15, mereka kalah 20-22 di set kedua, sebelum menang 21-16 di set ketiga dan lolos ke semifinal.

Menghadapi pasangan peringkat 4 dunia Lee So-hee/Shin Seung-chan di semifinal, Greysia/Apriyani lagi-lagi harus menghadapi duel ketat. Meski demikian, mereka berhasil menang dua set langsung 21-19 21-17.

Di final besok, Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan menghadapi ganda putri andalan China, Chen Qingchen/Jia Yifan.

Bagi Greysia Polii sendiri, kelolosan ke final Olimpiade Tokyo dan kepastian merebut medali, membuatnya menjalani 3 kisah berbeda bersama 3 partner ganda putri yang juga berbeda, di 3 edisi Olimpiade.