BWF Bantah Korea Laporkan Umpatan Chen Qing Chen di Olimpiade Tokyo

Minggu, 8 Agustus 2021 10:14 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© HUMAS PBSI
Pebulutangkis China, Chen Qingchen saat dalam konferensi pers BCA Indonesia Open SSP 2017. Copyright: © HUMAS PBSI
Pebulutangkis China, Chen Qingchen saat dalam konferensi pers BCA Indonesia Open SSP 2017.

INDOSPORT.COM – Korea ternyata belum mengajukan laporan resmi kepada Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) terkait dengan umpatan yang digunakan pemain ganda putri China, Chen Qingchen di Olimpiade Tokyo.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh BWF melalui sebuah pernyataan, seperti dilansir dari The Star Malaysia, Minggu (08/08/21).

“BWF belum menerima pengaduan resmi dari Asosiasi Bulutangkis Korea dan wasit kami yang bertugas tidak melaporkan bawha sesuatu yang tidak diinginkan terjadi di lapangan,” tulis BWF.

Awal pekan lalu, laporan dari The Korea Times menyatakan bahwa pihak Korea tidak mau tinggal diam atas penggunaan kata-kata kasar Chen Qingchen selama pertandingan semifinal.

Chen beberapa kali mengucapkan kata "Wocao" dan "Cao" yang mengandung arti kasar yakni persetan. Kata-kata itu diteriakannya saat melawan pasangan ganda putri Korea Selatan, Kim So-yeong/Kong Hee-yong di Olimpiade Tokyo pada 27 Juli 2021 lalu.

Setelah kalah di game pertama dari pasangan Korea, Chen, yang bermain bersama rekan setimnya Jia Yifan, terdengar mengatakan "cao" dengan keras.

Menurut komentator olahraga Taiwan Max Shih, Chen awalnya memprotes kepada wasit bahwa suara yang dibuat pemain Korea Selatan selama pertandingan terlalu keras.

Tetapi protes Chen tidak dikabulkan wasit. Alhasil setiap kali berhasil mencetak poin, partner Jia Yifan itu meneriakkan kata umpatan hingga sebanyak 25 kali di sepanjang pertandingan.