Segrup dengan Jepang, Malaysia Ambil Langkah Berani Soal Skuat Piala Thomas

Kamis, 19 Agustus 2021 13:44 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Naomi Baker/Getty Images
Lee Zii Jia Copyright: © Naomi Baker/Getty Images
Lee Zii Jia

INDOSPORT.COM – Bergabung dengan Jepang di dalam satu grup mematikan, Malaysia justru memutuskan ambil langkah berani terkait pemilihan skuatnya di Piala Thomas.

Berdasarkan hasil drawing final Piala Thomas 2020, Rabu (18/08/21), Malaysia berada dalam grup D yang juga dihuni oleh unggulan kedua, Jepang.

Malaysia juga akan bersaing dengan Kanada dan Inggris di fase penyisihan grup kompetisi yang sempat tertunda setahun. Kompetisi ini akan digelar di Aarhus, Denmark, pada 9-17 Oktober mendatang.

Jepang yang berstatus unggulan dipastikan akan diperkuat tunggal putra 1 dunia Kento Momota dan dua ganda putra, Yuta Watanabe/Hiroyuki Endo dan Keigo Sonoda/Takeshi Kamura, yang berada di peringkat 5 dan 6 dunia.

Meski begitu, Malaysia memutuskan akan mengandalkan skuat muda alih-alih pemain berpengalaman yang berstatus independen, seperti Liew Daren, Goh V Shem dan Tan Wee Kiong.

Dijelaskan oleh direktur pelatih Wong Choong Hann, keinginan untuk membangun tim muda sejak kesuksesan di All England dan Olimpiade Tokyo menjadi alasan utamanya.

“Saya belum yakin, tetapi saya mengatakan itu sangat tidak mungkin (memanggil pemain non-nasional). Mereka tidak berlatih selama beberapa bulan terakhir (karena pembatasan nasional),” ujar Wong Choong Hann, dilansir dari The Star Malaysia.

Menurut Wong Choong Hann, memanggil pemain independen untuk menambal kekuatan tim di Piala Thomas dan Uber bukanlah satu-satunya jawaban untuk menjadikan tim ini kuat.

“Kita harus melihat perspektif siklus Olimpiade yang baru. Agenda utama kami adalah menyiapkan pemain muda.