Richard Mainaky Mau Pensiun, Debby Susanto Ingat Jasa-jasa Sang Pelatih

Senin, 6 September 2021 13:25 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Prio Hari Kristanto
© Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Kabar mengejutkan datang dari Pelatnas PBSI pagi ini, Senin (06/09/21) usai pelatih ganda campuran, Richard Mainaky, dikabarkan akan penisun dari Pelatnas. Copyright: © Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Kabar mengejutkan datang dari Pelatnas PBSI pagi ini, Senin (06/09/21) usai pelatih ganda campuran, Richard Mainaky, dikabarkan akan penisun dari Pelatnas.

INDOSPORT.COM – Kabar mengejutkan datang dari Pelatnas PBSI pagi ini, Senin (06/09/21). Pelatih ganda campuran, Richard Mainaky, mengabarkan dirinya akan pensiun dari pelatnas.

Menurut laporan Kompas.id, setelah 26 tahun berkarier, Richard ingin lebih banyak bersama keluarganya di Manado, Sulawesi Utara.

Pelatih kelahiran Ternate ini berencana untuk menyampaikan surat pengunduran dirinya hari ini ke PBSI dan akan resmi mundur dari pelatnas 27 September 2021 mendatang.

Sebenarnya, Richard sudah berencana untuk pensiun setelah Olimpiade Tokyo 2020. Namun karena pandemi membuat Olimpiade mundur, rencananya untuk pensiun pun tertunda.

Kabar mundurnya Richard Mainaky langsung ditanggapi oleh mantan anak asuhnya, Debby Susanto. Eks partner Praveen Jordan itu mengenang jasa sang pelatih melalui Instagram Storynya, @debbysusanto.

“Akan ada yang beda dari XD (ganda campuran) tanpa Kak Icat. Tapi itulah kehidupan, segala sesuatu ada waktunya,” tulis Debby.

“XD bisa seperti sekarang, saya bisa seperti saat ini semua tidak lepas dari jasa, kepercayaan dan kerja keras Kak Icat sebagai pelatih yang percaya kepada kemampuan atlet-atletnya.”

© Instagram/Debby Susanto
Debby Susanto membagikan kenangannya bersama Richard Mainaky. Copyright: Instagram/Debby SusantoDebby Susanto membagikan kenangannya bersama Richard Mainaky.

Debby pun lantas mengunggah foto-fotonya bersama Richard Mainaky dan atlet-atlet lain seperti Liliyana Natsir dalam berbagai kejuaraan.

Rencana pensiunnya ini sebetulnya sudah dibocorkan beberapa waktu lalu kepada Liliyana Natsir.

"Sekarang ini sudah 27 tahun, maunya ya segera pensiun, semua gelar sudah tercapai," ujar Richard Mainaky saat menjadi bintang tamu dalam program Tektokan Ala Butet.