Profil Tim Piala Sudirman: Malaysia, Lee Zii Jia dkk Ingin Terbang Tinggi

Sabtu, 25 September 2021 13:03 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Juni Adi
© Shutterstock/Eli Suhaeli
Piala Sudirman dan bendera Malaysia Copyright: © Shutterstock/Eli Suhaeli
Piala Sudirman dan bendera Malaysia

INDOSPORT.COM – Malaysia menjadi salah satu negara peserta Piala Sudirman 2021. Berikut ini profil negara peserta Piala Sudirman 2021, Malaysia.

Turnamen lambang supremasi bulutangkis beregu campuran, Piala Sudirman 2021, akan segera bergulir tepatnya pada 26 September hingga 3 Oktober mendatang.

Awalnya, kota Suzhou, China ditunjuk sebagai tuan rumah. Namun peraturan ketat pemerintah China terkait pandemi COVID-19, tidak memungkinkan turnamen digelar di sana.

Alhasil, BWF memutuskan menunjuk kota Vantaa, Finlandia, menggantikan China sebagai tuan rumah turnamen dua tahunan ini.

Piala Sudirman 2021 sendiri akan menjadi turnamen ke-17 ajang bergengsi ini sejak pertama kali digelar di Jakarta pada tahun 1989.

Bila dibandingkan dengan edisi sebelumnya yang mengundang 32 kontestan, pada edisi kali ini hanya akan ada 16 tim yang bertanding dan terbagi ke dalam empat grup berbeda.

Malaysia termasuk salah satu dari 16 tim yang bertanding itu. Mereka tergabung di grup B bersama dengan Chinese Taipei, Korea  Selatan dan Jerman.

1. Rekam Jejak

Malaysia sudah mengikuti Piala Sudirman sejak pertama kali diadakan pada tahun 1989. Sayangnya, Malaysia lebih banyak menjadi pelengkap. 

Pada keikutsertaan pertama, Malaysia hanya tergabung di Grup 2. Malaysia baru masuk ke Grup 1 saat Piala Sudirman 1999 di Copenhagen, Denmark. 

Tetapi Malaysia harus kembali degradasi ke Grup 2, hingga akhirnya kembali lagi ke Grup 1 pada Piala Sudirman 2007 di Glasgow, Skotlandia. 

Prestasi tertinggi Malaysia adalah menjadi semifinalis pada Piala Sudirman 2009. Itu adalah pertama kali, dan satu-satunya penampilan Malaysia di babak semifinal.

Sementara di Piala Sudirman 2019, Malaysia berakhir di babak perempatfinal. Langkah mereka terhenti di tangan tim Jepang, 0-3.

Malaysia belum pernah menjadi juara, bahkan belum pernah mencapai final. Malaysia tentu saja ingin terbang lebih tinggi lagi daripada babak semifinal, namun belum tercapai hingga kini.