Piala Sudirman: Susah Payah Kalahkan Rusia, Kevin Sanjaya Akui Banyak Eror

Senin, 27 September 2021 13:00 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© NOC Indonesia
Seiring dengan kemenangannya di laga perdana Piala Sudirman 2021, Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon mengaku banyak eror di sepanjang pertandingan. Copyright: © NOC Indonesia
Seiring dengan kemenangannya di laga perdana Piala Sudirman 2021, Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon mengaku banyak eror di sepanjang pertandingan.

INDOSPORT.COM – Seiring dengan kemenangannya di laga perdana Piala Sudirman 2021, Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon mengaku banyak eror di sepanjang pertandingan.

Bahkan ganda putra nomor satu dunia itu harus mendapatkan kemenangan dengan susah payah untuk mengalahkan Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov pada Minggu (26/09/21).

Memang dari segi lawan, Ivanov/Sozonov bukan ganda putra dengan sembarangan. Tercatat keduanya menduduki rangking 14 dunia, dan menjuarai beragam turnamen seperti  All Angland 2016.

Namun, terlepas dari itu, permainan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon memang dinilai belum maksimal.  Sering kali mereka melakukan kesalahan sendiri bahkan sering tertinggal poin, terutama di set kedua.

"Pada gim pertama kami sebenarnya bermain baik. Tetapi di gim kedua saya banyak melakukan kesalahan sendiri. Jadi tadi sempat tertinggal. Selain itu, kami juga masih beradaptasi dengan shuttlecock," kata Kevin melansir laman PBSI.

Beruntung, kesalahan-kesalahan yang dilakukan ganda putra berjuluk The Minnions itu bisa diminimalisir dengan menerapkan pola permainan lebih agresif dan variatif.

Selain itu, Kevin mengaku lebih berusaha untuk menikmati permainan dengan tidak menggebu-gebu dan tetap bermain fokus. “Kami mencoba saja satu poin demi satu poin. Lebih fokus dan menikmati pertandingan," sambung Kevin.

Hal itu terbukti efektif. Ketika pasangan Indonesia tertinggal 7-11, mereka tetap tenang dan tidak buru-buru mematikan serangan. Mereka justru bersabar, dan terus melakukan serangan dan permainan variatif.

Sebaliknya, pasangan dari Negeri Beruang Merah itu berbalik melakukan kesalahan sendiri hingga selisih poin yang jauh dari 14-17 menjadi terkejar 18-18.

Hingga akhirnya kemenngan berhasil diraih oleh Kevin/Gideon 21-18 di game kedua. Secara keseluhan, bermain di Energi Areena, Vantaa, Finlandia, Kevin/Gideon berhasil meraih keunggulan 21-17, 21-18.

Artinya Indonesia mampu unggul 3-0 atas National Badminton Federation of Rusia (NBFR) , sebelum akhirnya berhasil dituntaskan punggawa Merah-Putih lain dengan meraih kemenangan total 5-0.