Terungkap! 4 Pelatih Indonesia Bantu Malaysia ke Semifinal Piala Sudirman

Sabtu, 2 Oktober 2021 11:40 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© NEW STRAITS TIMES
Hendrawan dan Lee Zii Jia. Copyright: © NEW STRAITS TIMES
Hendrawan dan Lee Zii Jia.

INDOSPORT.COM – Empat pelatih asal Indonesia ternyata ikut membantu keberhasilan Malaysia melaju ke semifinal Piala Sudirman 2021.

Pertandingan perempat final Piala Sudirman 2021 yang mempertemukan antara Indonesia vs Malaysia pada Jumat (01/10/21) kemarin ternyata juga menjadi ajang adu taktik antar pelatih dari tanah air.

Ya. Melansir dari Badminton_Talk, empat dari lima kategori bulutangkis dari tim Malaysia ternyata ditangani oleh pelatih dari Indonesia.

Di sektor  tungga putra, ada pelatih Hendrawan yang membawa Indonesia menjuarai Piala Thomas 2002 dan Kejuaraan Dunia 2001. 

Ada juga pelatih Indra Wijaya yang melatih tunggal putri, Paulus Firman di ganda campuran, dan terakhir, Flandy Limpele di ganda putra, yang pernah meraih perunggu untuk Indonesia di Olimpiade Athena 2004.

Bagi keempat pelatih tersebut, bobot bibit bebet bulutangkis Indonesia sudah dipahami dengan baik. Hal ini secara tidak langsung membuat Malaysia memahami kekuatan Indonesia.

Hal ini pun dibuktikan dengan penampilan anak-anak didik mereka saat bermain satu lawan satu melawan wakil Indonesia di empat sektor berbeda.

Misalnya, ganda putra Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang berhasil menyumbang poin pertama 1-0 untuk Malaysia setelah menundukkan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya dalam permainan straight game 21-12, 21-15.

Indonesia sempat menyamakan kedudukan lewat tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung yang menundukkan S. Kisona lewat permainan sengit rubber set 22-20, 18-21, dan 21-19.

Dalam posisi imbang 1-1, Malaysia kembali menambah poin keunggulan setelah murid Hendrawan, Lee Zii Jia, memenangkan pertarungan melawan Anthony Sinisuka Ginting.

Kedudukan kembali imbang 2-2 ketika ganda putri andalan peraih emas Olimpiade 2020 Tokyo, Greysia Polii/Apriyani Rahayu memenangkan duel ketat atas Pearly Tan/Thinaah Muralitharan dengan skor 22-20, 17-21, dan 21-18.