In-depth

Hawa di Balik Absennya Big 3 di Indian Wells, Sunyi tapi Menarik

Selasa, 19 Oktober 2021 22:23 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© theweek.co.uk
Trio Big 3 absen di Indian Wells 2021. Copyright: © theweek.co.uk
Trio Big 3 absen di Indian Wells 2021.

INDOSPORT.COM - Turnamen tenis BNP Paribas Open atau Indian Wells kali ini nampak sunyi tanpa kehadiran trio Big 3 Rafael Nadal, Roger Federer, dan Novak Djokovic.

Para sosok ini memilih absen karena berbagai macam alasan, termasuk memulihkan diri dari cedera. Padahal, mereka adalah figur legendaris yang kerap mendominasi partai puncak sejak tahun 2004 sampai 2017.

Namun bukan hanya tiga orang ini saja yang tidak nampak batang hidungnya di Indian Wells edisi Oktober 2021.

Sejumlah petenis papan atas diketahui juga menarik diri. Sebut saja Juan Martin del Potro, Dominic Thiem, Ashleigh Barty, Naomi Osaka, Serena Williams, Aryna Sabalenka, dan yang lainnya.

Indian Wells Masters sendiri merupakan turnamen tenis ATP dan WTA level 1000 yang biasanya digelar setahun sekali.

Akan tetapi, perhelatan pada Maret 2020 dan 2021 harus dibatalkan karena pandemi Covid-19, dan kemudian digeser ke Oktober 2021.

Absennya Big 3 memang membuat atmosfer Indian Wells 2021 sedikit berbeda. Edisi kali ini pun adalah yang pertama kali sejak 18 tahun lalu, digelar tanpa kehadiran para mantan juara.

Tentu saja, siapa lagi kalau bukan Big 3 ditambah Juan Martin del Potro (juara 2018) dan Dominic Thiem (juara 2019).

Selama Indian Wells 2021 dihelat, penonton menyadari bahwa peta persaingan kali ini terbilang baru, lantaran diisi sejumlah nama yang tidak biasa. Lihat saja pada partai final tunggal putra dan putri yang baru berakhir tempo hari.

Di sektor tunggal putra, Cameron Norrie dan Nikoloz Basilashvili tampil sebagai finalis. Nama mereka pun bak anomali di daftar petenis yang bermain di partai puncak beberapa tahun terakhir.

Pasalnya, selain Juan Martin del Potro, Dominic Thiem, dan Milos Raonic, nama Big 3 selalu ada di daftar. Bahkan, Roger Federer berhasil tampil di lima final dari enam edisi Indian Wells tahun 2014-2019.