3 Pemain Bulutangkis Vietnam Siap Bersaing di Kejuaraan Dunia BWF 2021

Jumat, 29 Oktober 2021 12:47 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© 24h.com
Vu Thi Trang, pebulutangkis Vietnam berpeluang tampil di Kejuaraan Dunia 2021. Copyright: © 24h.com
Vu Thi Trang, pebulutangkis Vietnam berpeluang tampil di Kejuaraan Dunia 2021.

INDOSPORT.COM – Sejumlah pemain bulutangkis Vietnam dari Nguyen Thuy Linh, Vu Thi Trang hingga Nguyen Tien Minh berpeluang tampil di Kejuaraan Dunia BWF 2021.

Kejuaraan itu akan dilangsungkan di Huelva, Spanyol, pada 12 hingga 19 Desember 2021. Ketiga pemain tersebut berpeluang berlaga berdasarkan peringkat yang ada sekarang.

Seperti diketahui, pada rapat dewan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) pada Sabtu (21/08/21) menetapkan bahwa aturan kualifikasi untuk kejuaraan dunia bulutangkis 2021 didasarkan pada ranking dunia.

Biasanya, pemain yang lolos ke kejuaraan dunia didasarkan pada ranking tersendiri dari keikutsertaanya dalam turnamen bulutangkis. Seperti ini pernyataan BWF melansir dari pernyataan resminya di laman BWF.

“Mengganti ranking kualifikasi (dikenal sebagai ‘rangking kualifikasi Road to Huelva”) dengan peringkat dunia BWF sebagai peringkat yang digunakan untuk menentukan kualifikasi untuk Kejuaraan Dunia BWF 2021,“

Keputusan itu ditetapkan menyesuaikan situasi pandemi Covid-19 yang mempengaruhi kemampuan pemain di semua wilayah untuk bersaing di turnamen peringkat dunia.

Melansir laman Vietnam Plus, terdapat 3 pemain bulutangkis Vietnam dengan peringkat terbaik. Mereka adalah Nguyen Tien Minh, Vu Thi Trang, dan Nguyen Thuy Linh.

Vietnam memang bukan negara di benua Asia yang memiliki kekuatan bulutangkis merata dalam setiap sektor. Tetapi negara tersebut memiliki sejumlah nama besar yang cukup diperhitungkan.

Nguyen Tien Minh misalnya. Saat ini dia berperingkat 61 dunia sektor tunggal putra. Namun, pemain berusia 38 tahun ini pernah menempati peringkat 5 dunia pada tahun 2010.

Dia juga pernah meraih medali perunggu pada Kejuaraan Dunia 2013, meraih medali perunggu dalam Kejuaraan Asia 2019, hingga tampil di Olimpiade Tokyo 2020.

Selain itu, ada Vu Thi Trang yang saat ini berada di peringkat 46 dunia sektor tunggal putri. Dengan pengalamannya, dia juga pernah memenangkan medali perunggu di Youth Olympic Games 2010 di Singapura.

Sementara Nguyen Thuy Linh adalah pemain muda berusia 23 tahun yang menjadi runner up Russian Open 2019. Saat ini dia adalah peringkat 46 dunia sektor tunggal putri.