Mantan Rival Liem Swie King asal India Dianugerahi Lifetime Achievement dari BWF

Jumat, 19 November 2021 20:10 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© mykhel/BWF
Mantan rival Liem Swie King sekaligus legenda bulutangkis India, Prakash Padukone, dianugerahi gelar Lifetime Achievement oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) Copyright: © mykhel/BWF
Mantan rival Liem Swie King sekaligus legenda bulutangkis India, Prakash Padukone, dianugerahi gelar Lifetime Achievement oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF)

INDOSPORT.COM – Mantan rival Liem Swie King sekaligus legenda bulutangkis India, Prakash Padukone, dianugerahi gelar Lifetime Achievement oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

Penghargaan seumur hidup itu dianugerakan kepada Prakash Padukone atas rekomendasi komisi penghargaan setelah Persatuan Bulu Tangkis India (BAI) telah mendaftarkan nama sang legenda untuk achievement ini.

Pengahragaan yang didapat Prakash Padukone itu dirasa sebanding dengan perjuangannya mengharumkan nama India di kancah olahraga dunia.

Semasa kariernya, Prakash Padukone adalah pemain tunggal putra dunia yang meraih beragam gelar. Pria kelahiran 10 Juni 1955 itu adalah orang India pertama yang meraih medali emas Kejuaraan Dunia tahun 1981 di Kuala Lumpur.

Bahkan dia adalah rival berat Liem Swie King karena memupus dominasi Liem Swie King untuk merebut gelar All England pada tahun 1980.

Dari serangkaian kisah heroiknya, BAI menilai bahwa Prakash Padukone pantas mendapatkan gelar Lifetime Achievement dari BWF.  Sekretaris Jendereal BAI bernama Ajay Singhania mengungkapkan kegembiraannya.

“Kami senang melihat BWF merayakan kontribusi legenda Prakash Padukone untuk olahraga dengan penghargaan ini. Kontribusinya sangat besar dalam membawa bulu tangkis India hingga seperti sekarang ini," kata Ajay Singhania melansir laman My Khel.

"Atas nama BAI, saya mengucapkan selamat kepada semua pemenang dan berharap dengan dukungan mereka yang berkelanjutan, kami  berharap dapat membawa bulu tangkis India ke tingkat yang lebih tinggi.”sambungnya.