Hasil Restrukturisasi BAM, Rexy Mainaky Punya Jabatan Baru

Kamis, 30 Desember 2021 13:08 WIB
Penulis: Miranti | Editor:
© Peng Huan/Visual China Group via Getty Images
Rexy Mainaky memiliki jabatan baru usai adanya restrukturisasi atau perombakan struktur kepelatihan di tubuh Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM). Copyright: © Peng Huan/Visual China Group via Getty Images
Rexy Mainaky memiliki jabatan baru usai adanya restrukturisasi atau perombakan struktur kepelatihan di tubuh Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM).

INDOSPORT.COM - Rexy Mainaky memiliki jabatan baru usai adanya restrukturisasi atau perombakan struktur kepelatihan di tubuh Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM).

Mulanya, BAM merekrut Rexy Mainaky pada Rabu (01/12/21) dengan menduduki jabatan  sebagai wakil direktur kepelatihan untuk mendampingi Wong Choong Hann.

Namun, legenda bulutangkis asal Indonesia tersebut kini memiliki jabatan dan tanggung jawab baru untuk posisinya di struktur kepelatihan BAM.

Melansir laman The Star, Rexy Mainaky terpilih sebagai direktur kepelatihan sektor ganda dalam susunan kepelatihan BAM yang diumumkan pada Selasa (28/12/21).

Sementara, Wong Choong Hann akan menempati sebagai direktur kepelatihan sektor tunggal dalam susunan kepelatihan BAM yang baru diadakan perombakan atau restrukturisasi.

Kinerja Rexy Mainaky dan Wong Choong Hann akan diawai oleh Datuk Kenny Goh selaku ketua bidang Coaching and Training (CNT).

Keputusan restrukturisasi di tubuh BAM ini terjadi hanya dua minggu setelah tim pelatnas bulutangkis Malaysia pulang tanpa medali di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021.

Dari ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021, Malaysia hanya  mendapat satu medali perunggu yang didapat dari Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, itupun mereka tercatat sebagai pemain non pelatnas.

Secara keseluruhan, Malaysia mendapatkan hasil cukup membanggakan ketika Lee Zii Jia tampil sebagai juara All England 2021, dan Aaron Chia/Soh Wooi Yik mendapatkan medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020.

Namun, prestasi itu dipandang tidak cukup baik, ketika bahkan Singapura sekarang telah memiliki juara dunia melalui tunggal putra Loh Kean Yew.

Perombakan seperti ini bukan pertama kalinya dilakukan BAM. Pada tahun 2002, Indra Gunawan juga memimpin sektor tunggal, sementara Park Joo-bong berperan sebagai kepala pelatih ganda bulutangkis Malaysia.

Namun, struktur tersebut dibubarkan dan dihidupkan kembali selama bertahun-tahun saat Rashid Sidek dan Rexy Mainaky ditunjuk sebagai kepala pelatih tunggal dan ganda nasional Malaysia pada 2010.