Ion Tiriac, Legenda Tenis dengan Kekayaan 4 Kali Lipat Roger Federer

Jumat, 21 Januari 2022 19:33 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Tennisworldusa
Legenda tenis yang masih memegang puncak daftar petenis terkaya sepanjang masa. Copyright: © Tennisworldusa
Legenda tenis yang masih memegang puncak daftar petenis terkaya sepanjang masa.

INDOSPORT.COM – Bukan Roger Federer, apalagi Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo yang masih memegang status sebagai legenda olahraga terkaya saat ini, melainkan Ion Tiriac.

Pria yang kini berusia 82 tahun ini adalah legenda olahraga tenis asal Rumania. Ia bermain di era 1960-an sebagai tunggal putra, kemudian berduet dengan Ilie Nastase di ganda putra.

Bersama Nastase, Tiriac juara French Open 1970 sebelum memutuskan pensiun pada 1979. Ia mengumpulkan 150 ribu pounds (sekitar 2,9 miliar rupiah) dari hadiah turnamen selama kariernya.

Namun itu belum apa-apanya dengan apa yang ia hasilkan di luar lapangan. Mengutip The Sun, Ion Tiriac memiliki total kekayaan mencapai 1,2 miliar poundsterling.

Sumber kekayaannya itu datang dari berbagai usaha, dari mendirikan bank swasta, asuransi, leasing, hingga firma maskapai penerbangan.

Total kekayaan yang dimiliki Tiriac ini empat kali lipat bila dibandingkan salah satu petenis tersukses saat ini, Roger Federer yang mengumpulkan 330 juta pounds. Apalagi dengan harta milik Lionel Messi (310 juta pounds) dan Cristiano Ronaldo (370 juta pounds).

Setelah gantung raket, Tiriac mulai fokus sebagai pelatih. Beberapa anak didiknya adalah pasangannya sendiri, Nastase, kemudian Manuel Orantes, Adriano Panatta, Guillermo Vilas, hingga Boris Becker.

Melihat tenis semakin berkembang dengan banyaknya atlet-atlet bintang, ia membeli lisensi sejumlah turnamen dan melelangnya ke beberapa kota seperti Stuttgart, Hanover, dan Madrid.