In-depth

3 Fakta di Balik Suksesnya Daniil Medvedev Kudeta Ranking Satu Dunia Novak Djokovic

Senin, 28 Februari 2022 21:27 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Henry Romero
Daniil Medvedev ranking satu dunia geser Novak Djokovic. Foto: REUTERS/Henry Romero. Copyright: © REUTERS/Henry Romero
Daniil Medvedev ranking satu dunia geser Novak Djokovic. Foto: REUTERS/Henry Romero.

INDOSPORT.COM - Daniil Medvedev akhirnya secara resmi mengudeta posisi puncak ranking dunia untuk petenis tunggal putra dari tangan Novak Djokovic.

Senin (28/02/22) ATP sudah meng-update daftar ranking dunia mereka, yang menempatkan Daniil Medvedev di posisi puncak dengan 8.615 poin, disusul Novak Djokovic (8.465), dan Alexander Zverev (7.515).

Menjadi nomor satu dunia tentu impian besar setiap petenis di muka bumi ini, tidak terkecuali Daniil Medvedev.

“Ketika Anda masih muda, Anda berpikir semua (mimpi) itu tidak mungkin. Itulah mengapa Anda memimpikannya,” ujarnya setelah menang di putaran pertama Mexican Open di Acapulco, dikutip dari laman ATP.

"Ketika semua itu mulai mendekat pada Anda, Anda tidak akan terlalu memikirkannya lagi, melainkan langsung beraksi untuk mewujudkannya. Bahkan, itu bukan mimpi lagi, tetapi tujuan,” tambahnya.

Daniil Medvedev sukses mengudeta Novak Djokovic dari peringkat satu dunia setelah mencapai semifinal Mexican Open, sebelum disingkirkan Rafael Nadal dengan kekalahan 3-6, 3-6 pada Sabtu (26/02/22).

Hasil itu saja sudah cukup baginya untuk menendang sang pemuncak dari takhtanya. Karena pada saat bersamaan, Novak Djokovic tersingkir dari Kejuaran Tenis ATP Dubai 2022.

Ia dikalahkan petenis peringkat 123 dunia asal Ceko, Jiri Vesely, di babak perempat final dengan straight set 6-4, 7-6 selama satu jam 57 menit.

Padahal, ini adalah laga comeback sang petenis usai berskandal di Australian Open awal tahun ini. Namun sayang, alih-alih kembali dengan kejayaan, mahkotanya pun kini direbut oleh Daniil Medvedev.

Nah, berikut tiga fakta tentang keberhasilan Daniil Medvedev mengudeta peringkat satu dunia milik Novak Djokovic per ranking ATP 28 Februari 2022. Apa saja?