BWF Beri Penjelasan Soal Atlet Bulutangkis Rusia yang Masih Diizinkan Mentas di Spanyol

Selasa, 1 Maret 2022 23:07 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Lars Ronbog / FrontZoneSport via Getty Images
Ilustrasi bulutangkis dan raket. Copyright: © Lars Ronbog / FrontZoneSport via Getty Images
Ilustrasi bulutangkis dan raket.

INDOSPORT.COM - Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) beri penjelasan soal atlet Rusia yang masih diizinkan mentas di Spanyol.

Selasa (01/03/22), BWF mengeluarkan larangan kepada atlet bulutangkis Rusia dan Belarusia untuk bertanding di seluruh ajang internasional mulai minggu depan.

Keputusan itu dikeluarkan oleh BWF setelah melihat keputusan Rusia yang melakukan invasi ke Rusia. Langkah ini menjadi sanksi terbaru BWF, setelah satu hari sebelumnya juga memutuskan pembatalan turnamen di Rusia dan Belarusia yang dilakukan sejalan dengan rekomendasi dari dewan eksekutif Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Sejak dimulainya operasi militer Rusia pekan lalu, badan-badan olahraga di seluruh dunia telah bergerak melawan Rusia dan belarusia dengan menolak menjadi tuan rumah atau bermain melawan tim-tim dari kedua negara itu.

BWF mengatakan larangan partisipasi atlat dan ofisial dari Rusia dan Belarusia akan dimulai sejak German Open pada 8-13 Maret.

Meski demikian, masih ada sejumlah kecil atlet Rusia yang bersaing dalam dua turnamen bulutangkis internasional Para back-to-back di Spanyol yang dizinkan untuk berpartisipasi karena mereka telah tiba di lokasi. Untuk kasus tersebut BWF telah memberikan penjelasan tersendiri.

"Namun, para pemain ini akan bertanding sebagai atlet netral, tanpa bendera atau lagu kebangsaan," demikian pernyataan dari BWF dilansir dari Reuters.

Selain BWF, badan renang dunia FINA pada hari Senin membatalkan kejuaraan Renang Dunia Junior di Kazan, Rusia.