In-depth

5 Raja Piala Thomas dari Indonesia: Ada yang Dapat Julukan 'Smash 100 Watt'

Senin, 16 Mei 2022 03:55 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© INDOSPORT
Rudy Hartono dan Piala Thomas 1967. Copyright: © INDOSPORT
Rudy Hartono dan Piala Thomas 1967.

INDOSPORT.COM - Berikut lima mantan pebulutangkis dari Indonesia yang dijuluki raja di ajang Piala Thomas, termasuk ada sosok Rudy Hartono hingga Hariyanto Arbi.

Seperti diketahui, para penggemar baru saja dibuat kecewa setelah Indonesia gagal mempertahankan gelar juara Piala Thomas yang sempat diraih pada 2020 lalu.

Dalam laga final Piala Thomas 2022 yang tersaji di Impact Arena, Thailand pada Minggu (15/05/22) kemarin, Indonesia yang berstatus juara bertahan dibuat tidak berkutik oleh India.

Anthony Sinisuka Ginting dkk harus mengakui keunggulan India dengan skor telak 3-0. Ini menjadi gelar pertama bagi India sejak turnamen bulutangkis pria beregu digelar sejak 1949 silam.

Meski gagal juara di edisi 2022, Tim Merah Putih masih mendapatkan julukan sebagai raja di Piala Thomas. Hal itu setelah Indonesia menjadi negara yang paling banyak merengkuh Piala Thomas dengan 14 kali kemenangan di laga final.

Kemudian ada Cina yang menyusul dengan 10 gelar, posisi ketiga  di duduki Malaysia dengan meraih juara sebanyak 5 kali. Sementara itu, Denmark, Jepang dan India sama-sama baru meraih 1 gelar juara.

Di balik keberhasilan Indonesia mengoleksi 14 gelar Piala Thomas, ada sosok pebulutangkis yang pernah hebat di masanya. Berikut INDOSPORT telah merangkumnya:

Rudy Hartono

Rudy Hartono atau yang memiliki nama lengkap Rudy Hartono Kurniawan lahir di Surabaya pada 18 Agustus 1949 silam. Ia merupakan legenda bulutangkis Indonesia yang menjadi salah satu dari lima raja Piala Thomas dari tanah air.

Rudy Hartono tercatat enam kali membawa tim Indonesia lolos ke final, empat di antaranya sukses membawa pulang piala. Tepatnya pada tahun 1970, 1973, 1976, dan 1979. Sedangkan dua kali jadi runner up pada 1967 dan 1982.

Salah satu kemampuan spesial Rudy Hartono adalah pergerakannya yang lincah dan cepat. Dia juga mampu menguasai permainan dengan baik, tahu kapan harus menyerang dan bermain reli-reli panjang.