Eks Rival Kevin/Marcus di China Resmi Pensiun, Dulunya Pernah Terseret Skandal Asmara

Sabtu, 2 Juli 2022 16:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Mantan juara dunia asal  asal China, Liu Cheng memutuskan gantung raket. Liu Cheng dulunya adalah partner Zhang Nan yang dibentuk akibat skandal asmara di pelatnas China. Copyright: © Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Mantan juara dunia asal asal China, Liu Cheng memutuskan gantung raket. Liu Cheng dulunya adalah partner Zhang Nan yang dibentuk akibat skandal asmara di pelatnas China.

INDOSPORT.COM – Mantan juara dunia asal China, Liu Cheng memutuskan gantung raket. Liu Cheng dulunya adalah partner Zhang Nan yang dibentuk akibat skandal asmara di pelatnas China.

Keputusan Liu Cheng gantung raket diumumkan langsung melalui akun media sosial yang populer di China pada hari Kamis (30/07/22).

Liu Cheng memutuskan mengakhiri karier bulutangkis yang sudah dibangunnya selama 12 tahun terakhir bersama tim nasional China.

“Setelah 12 tahun, saya pergi (pensiun) hari ini,” tulis Liu Cheng.

“Saya sudah belajar banyak selama 12 tahun karier saya di timnas, ini mengajarkan saya semangat berjuang, dedikasi, melatih keinginan dan rasa tanggung jawab dan memberi saja kesempatan untuk mewujudkan mimpi saya di sini,” lanjutnya.

Liu Cheng sendiri mengakhiri kariernya dengan prestasi yang cukup mentereng. Dia memenangkan tiga kali beruntun kejuaraan nasional China, sekali juara dunia di ganda putra.

Dia juga dua kali mengantarkan China juara Piala Sudirman (2015, 2021), juara Piala Thomas (2018), dan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang.

Liu Cheng sendiri awalnya mengawali karier sebagai pemain ganda campuran. Dia berpasangan dengan Bao Yiixin di mana mereka berhasi menjadi juara dunia dan juara Asia pada 2010.