In-depth

Terdepak dari Ranking Dunia setelah 25 Tahun, Karier Roger Federer Menuju Tamat?

Rabu, 13 Juli 2022 17:57 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Fred Lee/Getty Images
Roger Federer baru saja mendapat kabar buruk lantaran terpental dari ranking dunia tenis. Foto: Fred Lee/Getty Images. Copyright: © Fred Lee/Getty Images
Roger Federer baru saja mendapat kabar buruk lantaran terpental dari ranking dunia tenis. Foto: Fred Lee/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Roger Federer baru saja mendapat kabar buruk lantaran terpental dari ranking dunia tenis.

Parahnya lagi, momen ini baru pertama kali terjadi setelah 25 tahun!

Padahal seperti diketahui, Roger Federer sejauh ini dikenal sebagai petenis papan atas dunia dan salah satu anggota Big 3 bersama Rafael Nadal dan Novak Djokovic.

Meski naik turun peringkat dan pasang surut prestasi merupakan bagian dari karier setiap atlet di muka bumi ini, terdepak tanpa ranking tentu sebuah nestapa tersendiri bagi seorang Roger Federer.

Bertepatan setelah turnamen tenis Wimbledon 2022 usai, petenis asal Swiss tersebut kehilangan poin di ranking ATP yang baru rilis awal pekan ini.

Awalnya, peraih Grand Slam 20 kali itu berada di peringkat ke-97 dunia ketika memasuki agenda Wimbledon tahun ini.

Pada waktu itu, ia mempertahankan 600 poin, hasil yang selama ini ia kumpulkan dari final 2019 di Grand Slam lapangan rumput.

Akan tetapi, tidak bermain secara kompetitif sejak Wimbledon 2021 membuat sepak terjang Roger Federer terjun bebas hingga titik terendahnya pertengahan tahun ini.

Petenis yang kini berusia 40 tahun tersebut pun harus rela kehilangan selurh poin yang pada akhirnya membuatnya terdepak dari ranking dunia.

Seperti diwartakan laman Tennis Head, peristiwa ini baru pertama kali terjadi sejak 25 tahun lalu. Apakah pertanda masa-masa Roger Federer sebagai pemain akan segera berakhir?