In-depth

4 Fakta di Balik Turnamen Piala Presiden 2022 Bulutangkis, Ada Hadiah Cukup Besar

Rabu, 27 Juli 2022 19:56 WIB
Editor: Juni Adi
© Humas PP PBSI
Konferensi Pers Piala Presiden Bulutangkis 2022. Foto: Humas PP PBSI Copyright: © Humas PP PBSI
Konferensi Pers Piala Presiden Bulutangkis 2022. Foto: Humas PP PBSI

INDOSPORT.COM - Untuk pertama kalinya dunia bulutangkis di Indonesia akan menggelar turnamen bertajuk Piala Presiden 2022 seperti sepak bola hingga e-sports.

Dunia bulutangkis Indonesia akan menorehkan sejarah baru, yakni Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSi) pertama kalinya akan menggelar turnamen bergengsi Piala Presiden.

Sebelumnya turnamen Piala Presiden selalu identik dengan sepak bola, basket hingga merambah ke dunia olahraga digital atau biasa disebut e-Sports.

Akan tetapi turnamen itu kini mulai melebarkan sayapnya merambah ke dunia tepok bulu. 

Kejuaraan yang berlangsung di GOR Nanggala Cijantung, Jakarta Timur ini akan berlangsung pada 01 hingga 06 Agustus 2022 mendatang.

"Ini sebuah sejarah baru di Indonesia, dengan digelarnya kejuaraan bulu tangkis memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia," ujar ketua umum PBSI, Agung Firman Sampurna di Jakarta mengutip dari Antara.

"Akhirnya setelah berbagai upaya, kami bisa mewujudkan ambisi untuk menggelar kejuaraan ini," sambungnya.

Selain untuk meramaikan ajang kompetisi bulu tangkis di dalam negeri, Piala Presiden juga bertujuan sebagai penjaringan bibit-bibit pebulu tangkis masa depan Indonesia.

Dengan langkah ini, akan dipastikan tongkat estafet prestasi dan supremasi bulu tangkis nasional akan terjaga.

Hingga penutupan pendaftaran pada 19 Juli, sudah terdaftar sebanyak 620 atlet yang datang dari 30 provinsi di Indonesia. 

Hanya Provinsi Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat yang absen tidak mengirimkan wakilnya ke Jakarta untuk bersaing.

Sejumlah fakta menarik pun lahir dari gagasan turnamen Piala Presiden 2022 bulutangkis ini. Apa saja itu?