Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013: Tikungan Maut Tontowi/Liliyana yang Gemparkan China

Jumat, 29 Juli 2022 17:52 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© HUMAS PP PBSI
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di ajang BWF Dubai World Super Series Finals 2017. Copyright: © HUMAS PP PBSI
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di ajang BWF Dubai World Super Series Finals 2017.

INDOSPORT.COM - Flashback ke Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013, pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir pernah gemparkan China.

Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 sudah di depan mata. Ajang yang juga kerap disebut BWF World Championship (BWC) itu akan digelar di Jepang, 21-28 Agustus 2022.

Bicara tentang Kejuaraan Bulutangkis Dunia, tentu Badminton Lovers akan selalu teringat dengan aksi Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, saat partai final edisi tahun 2013 di China.

Kala itu, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir harus menghadapi wakil tuan rumah yang notabene juga merupakan ganda campuran terbaik dunia, yakni Xu Chen/Ma Jin (China).

Maka dari itu, babak final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013 di Tianhe Sports Center, Guangzhou, 11 Agustus 2013, berjalan sengit.

Secara head to head, dalam 19 pertemuan, Xu Chen/Ma Jin menang sepuluh kali, dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menang sembilan kali. Hanya berbeda satu angka.

Pada partai final Kejuaraan Dunia 2013 tersebut, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir mencuri keunggulan dalam set pertama dengan skor 21-13.

Namun pada set kedua, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir harus berjuang kembali karena bisa dikalahkan oleh wakil tuan rumah dengan skor 16-21.

Laga yang paling mendebarkan tentu saja di babak rubber game. Kala itu, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir tertinggal 17-20.