In-depth

Sejarah Hari Ini: Bulutangkis Pertama Kali Mejeng di Olimpiade, Indonesia Borong 3 Medali

Senin, 5 September 2022 14:51 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Wikimedia Commons
Eks pebulutangkis Indonesia, Utami Dewi Kinard (tengah), bersama legenda Rudy Hartono (kiri) dan Chris Kinard Copyright: © Wikimedia Commons
Eks pebulutangkis Indonesia, Utami Dewi Kinard (tengah), bersama legenda Rudy Hartono (kiri) dan Chris Kinard

INDOSPORT.COM - Sejarah hari ini, tepat pada 4 September 1972, cabang olahraga bulutangkis pertama kali dipertandingkan di Olimpiade. Indonesia borong tiga medali.

Banyak yang mengetahui bahwa Indonesia pertama kali meraih medali emas olimpiade ketika Susy Susanti dan Alan Budikusuma berjibaku di Olimpiade Barcelona 1992.

Namun, jauh sebelumnya, bisa dikatakan Rudy Hartono adalah peraih medali emas olimpiade pertama bagi cabor bulutangkis Indonesia, pada Olimpiade Munich 1972.

Kala itu, Rudy Hartono melaju ke final dan menantang Svend Pri asal Denmark. Wakil Indonesia akhirnya menang telak 15-6, 15-1.

Kesuksesan Rudy Hartono diikuti oleh sang adik dari sektor tunggal putri, Utami Dewi, yang juga melaju ke final Olimpiade 1972. Kala itu ia menghadapi Noriko Nakayama.

Sayangnya, Utami Dewi dikandaskan oleh pemain jepang tersebut di final. Atlet asal Surabaya itu kalah dengan skor 11-5, 11-3.

Dari sektor ganda putra, Indonesia sudah berjaya sejak lama. Kala itu, pasangan Christian Hadinata/Ade Chandra juga memantapkan diri ke final Olimpiade.

Menghadapi pasangan Malaysia, Ng Boon Bee/Punch Gunalan, Christian/Ade sukses memetik kemenangan berharga di babak rubber, skor akhir 15-4, 2-15, dan 15-11.

Dengan demikian, Indonesia menjadi juara umum dengan meraih dua medali emas dan satu medali perak Olimpiade Munich 1972.

Namun, perlu diketahui, saat itu cabang olahraga bulutangkis masih sebatas laga eksibisi atau demonstrasi, sehingga tiga medali ini tidak masuk dalam klasemen.