Kronologi Perselisihan Kevin Sanjaya dengan Herry IP di Ganda Putra

Selasa, 27 September 2022 18:13 WIB
Editor: Juni Adi
© PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI Copyright: © PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Kevin Sanjaya tengah terlibat konflik dengan pelatihnya sendiri di ganda putra, Herry IP. Apa pemicunya?

Dunia bulutangkis Indonesia tengah dihebohkan dengan kabar perselisihan di sektor ganda putra antara Kevin Sanjaya dengan pelatihnya Herry IP. 

Hubungan keduanya memang sudah dikabarkan memanas sejak Indonesia Open 2022. Saat itu Kevin Sanjaya dengan pasangannya, Marcus Gideon kalah dari ganda Korea Selatan, Kan Ming Hyuk/Seo Seung Je dengan skor 14-21, 12-21.

Setelah tiga bulan berlalu, hubungan panas keduanya belum juga mereda. Puncaknya terjadi perang komentar di media dari keduanya.

Rumor ini sendiri diembuskan pertama kali dari cuitan salah satu pewarta Jawa Pos di akun pribadi Twitter-nya pada Senin (26/09/22).

Menurut sang pewarta, Kevin Sanjaya disebut marah dengan coach Herry IP  yang telah mengritik attitude-nya dan body language-nya saat bertanding di Indonesia Open.

Hubungan yang kurang harmonis antara Kevin dan Herry IP ini kemudian berimbas dengan keengganan Kevin bergabung dengan tim ganda putra Indonesia berlatih di Pelatnas PBSI di Cipayung.

Pada kesempatan lain, Kevin Sanjaya juga mengakuo hubungannya tidak baik-baik saja dengan Herry IP.

Pebulutangkis berusia 27 tahun itu menuturkan kalau pangkal masalahnya bukan hanya kritikan Herry IP di media, terkait performanya di Indonesia Open 2022 lalu, tapi kejadiannya jauh sebelum itu.

"Kayaknya sih sudah tidak bisa. Maksudnya kalau di luar lapangan, saya sudah tidak masalah walaupun dia tidak minta maaf, saya okelah," ujar Kevin dalam wawancara dengan CNN Indonesia.

"Tetapi kalau suruh kerja sama lagi, kayak saya disuruh jadi anak buahnya lagi, kayaknya tidak bisa. Saya sudah pikir baik-baik, itu sudah keputusan bulat dari saya." 

Perselisihan keduanya juga berimbas terhadap Pelatnas. Herry IP mengaku kalau Kevin sudah tidak mau dilatih lagi oleh dirinya.

"Katanya, Kevin sudah tidak cocok berlatih dengan saya. Kalau sudah tidak merasa cocok, ya sudah tidak usah latihan dengan saya," ucap Herry IP dilansir dari Antara.