In-depth

Mengenal Tjun Tjun dan Utami Dewi, Orang Indonesia yang Ukir Sejarah di Australian Open

Kamis, 10 November 2022 13:26 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Wikimedia Commons
Eks pebulutangkis Indonesia, Utami Dewi Kinard (tengah), bersama legenda Rudy Hartono (kiri) dan Chris Kinard Copyright: © Wikimedia Commons
Eks pebulutangkis Indonesia, Utami Dewi Kinard (tengah), bersama legenda Rudy Hartono (kiri) dan Chris Kinard

INDOSPORT.COM - Mengenal Tjun Tjun dan Utami Dewi, orang Indonesia yang mengukir sejarah sebagai pemenang pertama di ajang bulutangkis Australian Open.

Australian Open 2022 adalah turnamen bulutangkis level Super 300 yang dihelat di Sydney, 15-20 November 2022 mendatang.

Dari generasi ke generasi, Indonesia cukup diunggulkan di sektor tunggal putra, namun prestasi sektor tunggal putri tidak demikian.

Padahal, dalam sejarahnya, kali pertama Australian Open digelar pada tahun 1975, mempertandingkan sektor tunggal putra dan tunggal putri, Indonesia yang juara.

Tjun Tjun menjadi juara di sektor tunggal putra, dan Utami Dewi mengukir sejarah sebagai pemenang sektor tunggal putri.

Kemudian, turnamen ini vakum cukup lama, sampai akhirnya digelar kembali di tahun 1989, khusus untuk pemain asal Australia.

Setahun berselang, Australian Open 1990 dibuka kembali untuk ajang internasional. Saat itu, Ardy B. Wiranata dan Susy Susanti menjadi kampiun di sektor putra dan putri.

Kiprah Ardy B. Wiranata dan Susy Susanti sudah bertebaran di media. Maklum, dua pasangan ini memiliki prestasi mentereng, termasuk medali Olimpiade Barcelona 1992.

Namun, sebagai generasi penerus, jangan sampai terlupa siapa sosok Tjun Tjun dan Utami Dewi, orang Indonesia pertama yang juara di ajang bulutangkis Australian Open.

Berikut INDOSPORT merangkum profil Tjun Tjun dan Utami Dewi, sang pengukir sejarah bulutangkis, jelang Australian Open 2022.