Daftar Orang Indonesia Terakhir yang Juara Australian Open: Jonatan hingga Maria Febe

Kamis, 10 November 2022 08:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© VCG/VCG via Getty Images)
Jonatan Christie berhasil mengalahkan Anthony Sinisuka Ginting di Final Australian Open 2019. Copyright: © VCG/VCG via Getty Images)
Jonatan Christie berhasil mengalahkan Anthony Sinisuka Ginting di Final Australian Open 2019.

INDOSPORT.COM - Berikut daftar orang Indonesia terakhir yang menjuarai turnamen bulutangkis Australian Open dari setiap sektor.

Australian Open 2022 adalah turnamen bulutangkis level Super 300 yang berlangsung di Sydney, 15-20 November mendatang. Ajang ini menjadi penutup 2022, sebelum BWF menggelar World Tour Finals di Guangzhou, Desember nanti.

Dari generasi ke generasi, Indonesia cukup diunggulkan di sektor tunggal putra, namun prestasi tunggal putri dan ganda putri agak seret ketika berlaga di Negeri Kangguru.

Berikut INDOSPORT merangkum lima orang Indonesia terakhir yang menjuarai turnamen bulutangkis Australian Open dari tiap sektor.

Tunggal Putra: Jonatan Christie

Jonatan Christie menjadi orang Indonesia terakhir yang menjuarai Australian Open. Ia naik podium tertinggi di sektor tunggal pada tahun 2019 lalu, sebelum pandemi Covid-19.

Jonatan Christie menghadapi lawan demi lawan yang berat untuk sampai ke final. Ia menaklukkan juara bertahan, Lu Guangzu dan Lin Dan, lalu menjegal Chou Tien Chen.

Memasuki partai final, Jonatan Christie juga menghadapi lawan yang tak mudah, yakni rekan senegara, Anthony Sinisuka Ginting. 

Jonatan akhirnya menang atas Ginting dalam pertarungan tiga set, skor 21-17, 13-21, 21-14. Ini adalah gelar terakhir bagi Indonesia dari turnamen Australian Open.

Selama pandemi (2020-2021), turnamen Australian Open tidak digelar, dan baru dihelat lagi di penghujung tahun 2022. Semoga Jonatan menjadi juara bertahan.