In-depth

Daftar Pemain Tunggal Putra Indonesia yang Juara Australian Open, Ada Hayom Rumbaka

Selasa, 15 November 2022 10:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© https://alchetron.com
Atlet bulutangkis senior Indonesia, Ardy B. Wiranata, pernah menjuarai Australian Open 1990. Copyright: © https://alchetron.com
Atlet bulutangkis senior Indonesia, Ardy B. Wiranata, pernah menjuarai Australian Open 1990.

INDOSPORT.COM - Berikut daftar pemain tunggal putra dari Indonesia yang pernah menjuarai turnamen bulutangkis Australian Open, ada Hayom Rumbaka.

Turnamen bulutangkis Australian Open 2022 resmi digelar mulai hari ini, Selasa (15/11/22) hingga Minggu di Sydney Olympic Park.

Tahun ini, Indonesia mengirimkan lima pemain tunggal putra untuk meneruskan jejak kejayaan Merah Putih di Australia.

Jika ditelusuri, setidaknya ada tujuh pemain tunggal putra Indonesia yang pernah juara di Australian Open, mulai dari edisi pertama tahun 1975, hingga edisi terakhir tahun 2019

Berikut INDOSPORT merangkum daftar pebulutangkis tunggal putra Indonesia yang pernah menaiki podium di Australian Open.

Tjun Tjun (Australian Open 1975)

Ajang bulutangkis Australian Open pertama kali dihelat di tahun 1975, dan saat itu hanya mempertandingkan dua sektor saja, tunggal putra dan tunggal putri.

Hasilnya, Tjun Tjun dari Indonesia menyabet medali emas tunggal putra. Utami Dewi dari Indonesia juga juara di sektor tunggal putri.

Namun setelah itu, turnamen ini tak pernah diadakan sampai 1988. Pada edisi 1989, turnamen ini hanya terbuka bagi Australia.

Ardy B. Wiranata (Australian Open 1990)

Setelah cukup lama vakum, dan turnamen bulutangkis hanya dibuka untuk atlet tuan rumah, lalu memasuki 1990, atlet luar negeri sudah bisa tampil di Australian Open.

Ardy B. Wiranata melanjutkan estafet juara tunggal putra Indonesia di ajang Australian Open 1990. Demikian pula di sektor tunggal putri, Susy Susanti juga sukses naik podium.