42 Tahun Mengabdi, Legenda Bulutangkis Indonesia Christian Hadinata Resmi Pensiun dari PB Djarum

Sabtu, 3 Desember 2022 18:11 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© Alfia Fadilla/INDOSPORT
Legenda bulutangkis Indonesia, Christian Hadinata akhirnya memutuskan pensiun dari PB Djarum usai 42 tahun mengabdi. Copyright: © Alfia Fadilla/INDOSPORT
Legenda bulutangkis Indonesia, Christian Hadinata akhirnya memutuskan pensiun dari PB Djarum usai 42 tahun mengabdi.

INDOSPORT.COM – Legenda bulutangkis Indonesia, Christian Hadinata akhirnya memutuskan pensiun dari PB Djarum usai 42 tahun mengabdi.

Christian Hadinata atau yang biasa akrab disapa Koh Chris merupakan salah satu legenda bulutangkis Indonesia yang bermain di nomor ganda.

Koh Chris merupakan legenda bulutangkis yang namanya sangat mentereng di era 1970 hingga 80-an, dan pernah dipasangkan dengan sejumlah nama tenar lainnya.

Yakni pernah berpasangan dengan Atik Jauhari, Retno Kustiyah, Ade Chandra, Imelda Wiguna, Regina Masli, Lius Pongoh, Icuk Sugiarto, Ivana Lie, Bobby Ertanto, Liem Swie King dan Hadiwibowo susanto. 

Sederet prestasti pun telah ia torehkan, baik sebelum atau setelah bergabung dengan PB Djarum usai meraih medali emas di Kejuaraan Dunia 1980 silam.

Christian Hadinata akhirnya memutuskan pensiun sebagai pemain saat berusia 37 tahun atau pada 1986. Setelah pensiun sebagai seorang atlet, ia memutuskan untuk menjadi pelatih bulutangkis dan tetap berada di bawah naungan PB Djarum.

Namun kini Koh Chris akhirnya memutuskan untuk pensiun ketimbang memilih kata ‘pengunduran diri’ dari PB Djarum setelah selama 42 tahun mengabdi. Keputusan untuk pensiun tentunya membuat dirinya merasa sedih.

“Ada rasa sedih. Ada sesuatu yang hilang dari saya. Betah banget di Djarum. Hubungan kekeluargaanya itu yang bakal bikin saya kangen,” kata Christian Hadinata, dilansir dari PB Djarum.

“Bukan cuma di PB Djarum aja, tapi di Djarum Foundation juga. Walau tetap ada perbedaan, tetapi rasa kekeluargaanya begitu tinggi,” tambahnya.

Selain itu, Christian Hadinata juga mengungkapkan harapannya agar legenda bulutangkis lainnya seperti Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir bisa meneruskan untuk berbagi pengalaman kepada para pemain muda.