Soniia Cheah, Pebulutangkis Malaysia Penjegal Tunggal Putri Indonesia Umumkan Pensiun

Rabu, 14 Desember 2022 15:49 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
© Shi Tang/Getty Images
Pemain bulutangkis asal Malaysia, Soniia Cheah yang kerap menjadi penjegal tunggal putri Indonesia umumkan untuk gantung raket. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Pemain bulutangkis asal Malaysia, Soniia Cheah yang kerap menjadi penjegal tunggal putri Indonesia umumkan untuk gantung raket.

INDOSPORT.COM – Pemain bulutangkis asal Malaysia, Soniia Cheah yang kerap menjadi penjegal tunggal putri Indonesia umumkan untuk gantung raket.

Soniaa Cheah mengungkapkan pensiun dari dunia bulutangkis usai melakoni pertandingan di Australian Open 2022. Ia kandas di babak pertama melawan tunggal andalan Indonesia, Putri Kusuma Wardani.

Mantan pebulutangkis nomor 1 Malaysia itu mengatakan kepada Timesport, ia mengalami cedera sejak 2013 dan sudah saatnya untuk pensiun dari dunia bulutangkis.

“Saya harus berhenti karena cedera taji tulang kambuh dan menyebabkan rasa sakit,” ungkap Soniia Cheah.

“Tidak ada penyesalan karena saya tahu berapa banyak sakit yang saya alami sejak 2013 dan saya banyak operasi pada pergelangan kaki saya,” sambungnya.

Sementara itu, pada beberapa pertandingan di musim ini, performa Soniia Cheah memang tidak terlalu bagus. Tercatat, paling tinggi ia bermain di babak 16 besar.

Pensiun dari dunia bulutangkis, Soniia Cheah akan melanjutkan studi di bidang olahraga dan melanjutkan bisnisnya di bidang kuliner.

Sebagaimana diketahui, pebulutangkis Malaysia itu memang tengah melanjutkan studi sebagai mahasiswa Ilmu Olahraga di Universitas Malaya (UM) di Kuala Lumpur.

Turnamen tertinggi yang Soniia Cheah ikuti di musim ini adalah Kejuaraan Dunia 2022 yang digelar di Tokyo beberapa waktu lalu. Namun, ia harus kandas dari Chen Yufei pada babak 32 besar.

Sementara itu, saat ini Soniia Cheah menduduki peringkat ke-197 dunia. Peringkat terbaik tunggal putri Malaysia itu berada di ranking 26 BWF.