In-depth

On This Day: Libas Endo/Watanabe, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan Juara BWF World Tour Finals

Kamis, 15 Desember 2022 13:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Shi Tang/Getty Images
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan bersama Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe di podium BWF World Tour Finals 2019. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan bersama Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe di podium BWF World Tour Finals 2019.

INDOSPORT.COM - Hari ini, 15 Desember, tepat tiga tahun lalu, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sukses menjuarai ajang bergengsi, BWF World Tour Finals 2019.

BWF World Tour Finals adalah ajang tahunan yang menjadi penutup kompetisi BWF. Hanya pemain terbaik di tiap sektor, dan pemain terbaik dari negaranya yang bisa mengikuti ajang ini.

Pada 2019, dari sektor ganda putra, Indonesia mengirimkan dua wakil terbaiknya, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya, serta Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Marcus/Kevin sukses menaklukkan Li Junhui/Liu Yuchen, serta Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, dan lolos ke semifinal.

Sementara Ahsan/Hendra juga menjegal Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan Lu Ching-yao/Yang Po-han, untuk lolos ke fase semifinal.

Nahas, Marcus/Kevin yang notabene adalah ganda putra terbaik dunia kala itu, harus tumbang di tangan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, pesaing asal Jepang.

Marcus/Kevin tertinggal di game pertama, lalu kemudian mereka membalas di game kedua. Sayangnya, mereka kembali dijegal di game ketiga, skor akhir 11-21, 21-15, 10-21.

Indonesia akhirnya mengandalkan satu wakil yang tersisa, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang bersua Lee Yang/Wang Chi-lin (Taipei) di babak semifinal.

Sebelumnya di fase grup, Ahsan/Hendra sempat kalah dua set dari Lee Yang/Wang Chi-lin. Namun di semifinal, mereka justru membalikkan situasi dengan mudah.

Ahsan/Hendra atau yang akrab disapa The Daddies, berhasil menaklukkan Lee/Wang dengan skor 21-14, 21-9, dan lolos ke final.