Flashback Denmark Open 2011: Ketika Viktor Axelsen 'Diospek' oleh Taufik Hidayat

Minggu, 18 Desember 2022 17:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Ian Kington/AFP via Getty Images
Flashback ke ajang bulutangkis Denmark Open 2011 silam, Viktor Axelsen pernah 'diospek' oleh atlet tunggal putra nomor satu Indonesia, Taufik Hidayat. Copyright: © Ian Kington/AFP via Getty Images
Flashback ke ajang bulutangkis Denmark Open 2011 silam, Viktor Axelsen pernah 'diospek' oleh atlet tunggal putra nomor satu Indonesia, Taufik Hidayat.

INDOSPORT.COM - Flashback ke ajang bulutangkis Denmark Open 2011 silam, Viktor Axelsen pernah 'diospek' oleh atlet tunggal putra nomor satu Indonesia, Taufik Hidayat.

Sebagaimana diketahui, Viktor Axelsen saat ini adalah pemain tunggal putra peringkat teratas dunia. Tak banyak pemain yang bisa mengalahkan 'alien' asal Denmark tersebut.

Bahkan, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie pun belum mengetahui cara untuk menaklukkan Viktor Axelsen.

Namun, tak banyak yang mengetahui jika pencapaian Viktor Axelsen ini bukan jalan yang mulus. Di awal karirnya, ia juga pernah dibuat pontang-panting oleh Taufik Hidayat.

Pertemuan mereka terjadi di penyisihan Denmark Open 2011. Kala itu, Taufik adalah tunggal putra nomor satu Indonesia, sementara Viktor Axelsen masih belia, saat berusia 17 tahun.

Pada game pertama, usai interval, Taufik Hidayat mendominasi atas Axelsen. Ia bisa memancing Axelsen ke kiri dan kanan, lalu maju mendekati net, kemudian mundur.

Taufik Hidayat seolah 'mengospek' Viktor Axelsen, sampai akhirnya ia melihat celah dari pertahanan pemain Denmark itu dan melakukan smash keras sebagai penutup.

"Konstruksi rally yang sangat bagus dari Taufik Hidayat," ucap Gillian Clark alias Oma Gill yang saat itu sudah menjadi komentator.

"Dia (Axelsen) terlalu masuk dalam gaya permainan pemain Indonesia. Lambat, tapi penuh skill dan deception. Axelsen tidak menyukai itu," timpal komentator lainnya.