Anthony Ginting Mentok Runner up BWF Finals: Tahun Depan Harus Bisa Jegal Axelsen!

Selasa, 13 Desember 2022 15:47 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© PBSI
Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting di Final BWF World Tour Finals (WTF) 2022. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting di Final BWF World Tour Finals (WTF) 2022. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Anthony Sinisuka Ginting sukses menjadi runner up BWF World Tour Finals 2022. Tahun 2023 nanti, ia diharapkan bisa menjegal Viktor Axelsen.

Tim Indonesia memang belum berhasil meraih gelar juara di turnamen penutup tahun, BWF World Tour Finals 2022, yang dilangsungkan di Nimibutr Arena, Thailand.

Capaian terbaik skuad Merah-Putih adalah menjadi runner up lewat Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra).

Di laga final hari Minggu (11/12/22), Ginting harus mengakui keunggulan Viktor Axelsen (Denmark) dalam dua set, skor 13-21, 14-21.

Sementara Ahsan/Hendra harus tumbang di tangan pemain muda andalan China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi, skor 17-21, 21-19, 12-21.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky mengapresiasi upaya Ginting sampai akhirnya bisa naik podium, walaupun hanya sebagai runner up saja.

Menurutnya, kualitas atlet tunggal putra Indonesia yang digawangi Anthony Ginting dan Jonatan Christie, sudah selevel dengan pemain yang berada di top level dunia.

Maka, jika mereka bertemu lawan berat, pemenangnya bukan lagi ditentukan oleh peringkat, tetapi siapa yang lebih siap di lapangan, dan staminanya lebih prima.

"Untuk Jojo (Jonatan) dan Ginting, secara pengalaman, kematangan pukulan dan pola permainan sudah cukup," ungkap Rionny.

"Lawan-lawannya semua sudah satu level, bisa dikatakan begitu, jadi siapa yang siap dia yang menang," tambah Rionny lagi.