Fajar/Rian dalam Angka: Sepak Terjang Ganda Putra Nomor 1 Indonesia Sepanjang Karier

Rabu, 21 Desember 2022 20:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Perjalanan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto untuk menjadi pasangan ganda putra terbaik di Indonesia cukup berat hingga mencatat sejumlah torehan emas.. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Perjalanan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto untuk menjadi pasangan ganda putra terbaik di Indonesia cukup berat hingga mencatat sejumlah torehan emas.. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Perjalanan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto untuk menjadi pasangan ganda putra terbaik di Indonesia cukup berat. Jatuh bangun mereka lalui hingga mencatat sejumlah torehan emas.

Pada Selasa (19/12/22), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto resmi mencapai raning tertinggi di sepanjang kariernya. Mereka menduduki ranking dua dunia.

Capaian ini memastikan Fajar/Rian resmi menjadi ganda putra nomor 1  Indonesia, menggusur posisi pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Fajar/Rian hanya berjarak beberapa ribu poin saja dari pasangan nomor 1 dunia, yakni Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dari Jepang.

Pencapaian Fajar/Rian tersebut tak lepas dari catatan mengesankan sepanjang 2022. Kendati nyaris terlempat dari ranking 10 dunia awal tahun, Fajar/Rian sukses membuat gebrakan di Swiss Open.

Fajar/Rian memenangkan gelar Swiss Open 2022. Selanjutnya, pasangan ini meraih tiga gelar dari tujuh final berikutnya, yakni di Indonesia Masters, Malaysia Masters dan Denmark Open.

Menurut perhitungangan poin BWF, Fajar/Rian diprediksi bakal mengudeta ranking satu dunia jika mampu menampilkan performa apik pada awal tahun 2023.

Syarat tersebut bisa dipenuhi jika Hoki/Kobayashi gagal tampil cemerlang pada awal tahun, tepatnya di Malaysia Open 2023 yang akan digelar 10-15 Januari mendatang.

Sembari menantian gebrakan Fajar/Rian di awal tahun, berikut INDOSPORT memaparkan deretan torehan emas pasangan ini dalam bentuk angka. Apa saja itu?