Kiprah Indonesia di Malaysia Open: Tunggal Putra-Putri Belum ‘Pecah Telur’ 20 Tahun Lebih

Kamis, 22 Desember 2022 17:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© HUMAS PBSI
Kevin Sanjaya/Marcus Gideon sukses meraih gelar juara ganda putra Malaysia Open Super Series Premier 2017 sekaligus mengukir hattrick juara Super Series beruntun di tahun 2017. Copyright: © HUMAS PBSI
Kevin Sanjaya/Marcus Gideon sukses meraih gelar juara ganda putra Malaysia Open Super Series Premier 2017 sekaligus mengukir hattrick juara Super Series beruntun di tahun 2017.

INDOSPORT.COM – Indonesia pernah mengantarkan sejumlah wakilnya sebagai juara di Malaysia Open. Namun sektor tunggal putra dan putri belum mampu meraih gelar selama 20 tahun lebih.

Malaysia Open akan resmi menandai dimulainya BWF World Tour 2022. Turnamen ini akan diselenggarakan pada 10-15 Januari 2022 di Axiata Arena, Bukit Jalil.

Ini juga menjadi pertama kalinya Malaysia Open naik statusnya di level Super 1000 setelah sebelumnya hanya berada di level  750.

Dengan demikian, Malaysia Open 2023 akan menyusul Indonesia Open, All England, dan China Open yang lebih dulu berstatus turnamen paling bergengsi di BWF World Tour.

Di ajang kali ini, Indonesia mengirimkan 17 wakilnya, mulai dari Jonatan Christie, Rehan Naufal Kusharjanto hingga comeback-nya Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan.

Menilik sejarah, wakil Indonesia yang paling terakhir menjuarai Malaysia Open adalah pasangan ganda putri Apriyani Rahayu/ Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Diharapkan Apriyani/Fadia bisa mengulangi kesuksesan mereka pada edisi kali ini untuk mempertahankan dominasi ganda putri Indonesia di Malaysia Open.

Sektor tunggal putra Indonesia juga memiliki tugas berat. Anthony Ginting dituntut mengakhiri penantian selama 22 tahun untuk meraih gelar.

INDOSPORT memaparkan deretan gelar juara Malaysia Open terakhir yang dimenangkan Indonesia dari lima sektor berbeda: