Syabda Perkasa Nyaris jadi Atlet Ganda Putra, Berharap Duet Bareng Liu Yuchen

Kamis, 29 Desember 2022 18:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Syabda Perkasa Belawa juara Malaysia International Series 2022. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Syabda Perkasa Belawa juara Malaysia International Series 2022. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis Syabda Perkasa Belawa blak-blakan awalnya ingin menjadi atlet ganda putra, dan tertarik untuk berpartner dengan Liu Yuchen.

Padahal, sudah diketahui bersama jika Syabda Perkasa adalah atlet tunggal putra Indonesia, yang meraih berbagai prestasi di level nasional hingga ajang bergengsi dunia.

Syabda Perkasa Belawa mulai muncul ke permukaan sejak ia menjuarai turnamen bulutangkis Lithuanian International 2022, yang dihelat di Lithuania, bulan Juni lalu.

November lalu, Syabda Perkasa baru saja menjuarai turnamen Malaysia International Series 2022. Pemilik peringkat 164 dunia itu menaklukkan lawan asal China, Lei Lan Xi.

Selain prestasi di kancah individu, Syabda Perkasa Belawa juga menjadi bagian dari tim beregu putra di Piala Thomas 2022.

Memang, Indonesia gagal mempertahankan Piala Thomas dan hanya mentok meraih medali perak, namun itu adalah sebuah pencapaian yang bagus bagi Syabda.

Namun, di balik seluruh pencapaian itu, Syabda Perkasa nyatanya tidak bercita-cita menjadi pebulutangkis tunggal putra. Ia pun blak-blakan ingin terjun ke ganda putra.

Sejak awal, atlet kelahiran Jakarta itu selalu mengidolakan pemain ganda putra, mulai dari Markis Kido hingga Hendra Setiawan.

"Dulu sih ngeliat almarhum Uda, Kohend. Dulu itu gue maunya main double, tapi Bokap nyuruhnya main single, mungkin dasarnya harus bagus main single dulu."

"Dulu di Jaya Raya gue salah satu yang kecil, berat kan kalau main single, gue sukanya main double," ungkap Syabda Perkasa pada seniornya, Praveen Jordan.